Rabu, 08 April 2009

Indonesian peanut salad a.k.a Gado-gado


Indonesian peanut salad alias Gado gado boooow.
Itu mah saya aja yang ngarang namanya. Gado gado ini lengkap gizi banget lho, ada sayuran, tahu/tempe, kacang dan telur makanya buat saya yang penggemar sayuran suka banget sama gado gado.
Kalo di depan mata ada sepiring Steak Import dan sepiring gado gado, saya pasti pilih gado gado.

Oh ya, ini resep gado gado ala homemade. Yang pasti bebas vetsin !!!!!!!!!!!.
Resep dari ibu Sufi S Yahyono
Bahan :
Aneka sayuran (rebus dulu bentar aja, sisihkan)
Kangkung/Bayam
Kacang Panjang
Kol
Taoge
Tahu/tempe goreng
Telur rebus (kl saya sih gak pake,seret)

Dressingnya (taelaaa, dressing. Bumbu kacang kaliiiii)
Semuanya kurang lebih yah, silahkan ditambah or dikurangi sesuai selera
750 gr kacang tanah
10 siung bawang putih
300 gr gula merah, sisir
1 sdm garam
2 mata asam jawa, larutkan dgn air, saring
2 buah jeruk limo
Pelengkap:
KrupukBawang merah goreng
Irisan cabe mentah (ini mah selera saya)

Cara buat
Rebus Sayuran, sisihkan
Panaskan minyak goreng kacang tanah sampai matang diatas api sedang.
Haluskan Kacang yg sdh digoreng,bawang putih, cabe rawit (kl yg suka cabenya diulek jadi satu),garam dan gula merah. Lebih enak dihaluskan di cobek daripada pake blender, rasa sedapnya beda.
Ambil bumbu gado gado kering tambahkan air larutan asam dan air jeruk limo, aduk rata,masukkan sayuran,tahu / tempe, aduk rata.Tuang ke piring, taburi bawang merah goreng dan kerupuk. Kalo selera saya, taburin irisan cabe mentah lebih seru makannya dibanding kalo diulek sekalian.

Dilaporkan oleh Rifda R Yanty

Enjoy...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar