Selasa, 14 April 2009

Sate lilit dan sambal matah


Sepertinya masakan kesukaanku dah pada tayang nih..yang dari sumatraan dan jawa.Aku mikir mau bikin yang mana tadinya....makanan dari asli keluargaku juga dah campur2 dari berbagai suku...Tapi jadi ingat karena bapak dirawat di rumah sakit gimana kalau aku buat makanan dari Bali tempat asalnya bapak ...yah sebagai penghilang rasa kangen gak bisa hadir di saat sakitnya.
Mau coba lawar tapi sayang terlalu banyak modifikasinya karena aku muslim. Jadi biar tetap asli dan khas aku coba sate lilit ajah. Makan panas panas dan pakai sambal matah...plus nasi yang masih ngepul...hm nyam nyam.
Ini aku coba resepnya yah...
ambil dari buku MASAKAN INDONESIA penerbit YASA BOGA ajah biar takarannya ada (kalau masak suka gak nakar) dan hasilnya seperti di foto tapi minus sambal matahnya...gak kejepret. Oh ya biasanya sate ini dililit di batang serai tapi aku pakai tusuk sate ajah biar irit kali yah :)
SATE LILIT
bahan ;
500 gram daging ikan tanpa tulang
5 sdm kelapa parut agak muda
50 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
5 lbr daun jeruk purut, iris halus (yang halus biar gak seret di leher)
batang serai/tusuk sate
Bumbu dihaluskan
4 bh cabai + 4 bh cabai rawit
2 siung bawang putih
5 buah bawang merah
1 sdt kencur cincang halus
1/2 sdt lengkuas cincang halus
1/2 sdt kunyit cincang halus
3 bh kemiri sangrai
1/2 sdm serai iris halus (kalau gak halus bisa seret di leher jadi kurang nyaman makannya atau dikurangi juga boleh)
garam dan gula pasir/merah sesuai selera
Dengan 3 sdm minyak tumis bumbu halus sampai harum, diinginkan.
Cincang halus daging ikan, aduk rata dan remas remas dengan kelapa parut, 3/4 bagian santan, bumbu tumis, dan daun jeruk. Ambil 2 sdm adonan, padatkan disepanjang tusuk sate/batang serai. Panggang sampai matang di atas bara api sambil dioles dengan sisa santan.
SAMBAL MATAH
Bahan:
7 – 10 butir bawang merah iris halus
2 siung bawang putih cincang halus
8 buah cabai merah kecil,iris halus
3 lembar daun jeruk purut buang tulang daun iris halus
½ sdt terasi bakar dihaluskan
2 batang serai ambil bagian putihnya iris halus (saya bikin kadang gak pakai sereh soalnya kalau kurang halus suka seret sama dengan pemakaian daun jeruk purutnya)
1 sdm air jeruk nipis
40 ml minyak goreng ( minyak sayur)
¾ sdt garam ( klo kurang terasa garamnya ditambahin aja)
Cara Membuat
Panaskan minyak goreng angkat.Campur minyak goreng dengan bawang merah,bawang putih,cabai,daun jeruk,terasi,serai,air jeruk nipis.Bubuhi garam.
Selamat mencoba yah...

Dilaporkan oleh Uchiet

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar