Kamis, 09 April 2009

Tengkleng dari Solo

Kalo mengingat asal Daerahku sih dari Banten jelas gak ada hubungannya ama si Tengkleng ini...kalo khas dari Kota Banten sendiri adalah Rabeg yang bahan masih daging kambing begitu juga dengan Tengkleng ini...karna bosan di masak itu itu terus akhirnya saya coba resep dari masakkan khas kota lain...sambil buka2 majah resep akhirnya ketemu resep si tengkleng ini akhirnya cucok deh..!!Tengkleng ini sejenis gulai tapi tidak memakai santan...pokoknya sedaaap banget apa lagi dilengkapi dengan acar...
Sebetulnya bahan dari tengleng ini lengakap dengan jerohannya...karna aku gak begitu suka jadi pake daging ama iganya saja...
TENGKLENG
Bahan:
250 gr iga kambing potong2 rebus
350 gr daging kambing dipotong kotak 2cm,rebus
2 cm kayu manis
1 bh pekak
2 lmbr daun pandan
1600 ml air
3 lmbr daun salam
2 cm lengkuas,memarkan
3 btng serai ambil putihnya
7 lmbr daun jeruk ,buang tulangnya
2 sdm kecap
31/2 garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
2 sdm minyak untuk menumis

bumbu halus:
15 butir bawang merah
8 siung bawang putih
8 buah kemiri,di sangrai
2 sdt ketumbar di sangrai
1/4 sdt jintan
2 cm jahe
2 cm kunyit,di bakar
5 bh caberawit merah
pelengkap:
*acar ketimun
*emping
*bawang goreng
Cara buat:
1.rebus daging dan tulang iga,kayu manis,pekak dan daun pandan sampai empuk
.angkat.ukur 1300 ml air rebusannya
2.panaskan minyak tumis bumbu halus,lengkoas,salam,serai dan daun jeruk sampai harum.
3.masukkan daging kambing dan iga kambing aduk hingga rata masukkan kecap manis,garam,merica bubuk aduk rata tuang air rebusan.masak di api kecil sampai meresap dan matang
http://www.sawungteteh77.multiply.com/
Dilaporkan oleh Detty meriyanti
Enjoy...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar