Selasa, 14 April 2009

Rujak Sambel Asem dari Cirebon

Sesekali ikutan week-week-an (bukan krasikan Ny. Week?), ada IFW nih ya, saya jadi terilhami oleh posting Brambang Asem - Solo oleh Bu Ambar Hidayati, ingatan melayang jauh ke jaman kecil dengan jajanan khas Crebonan yang dulu mah dijajakan secara kelilingan oleh ayu-ayu kemayu dengan menyunggi tampah berisi bahan-bahan poko dan kondimen, dan menjinjing panci berisi saus-nya, persis seperti si mbok-mbok yang dagang pecel kelilingan door-to-door di perumahan di Jawa.
Benernya, yang lebih asyik - mungkin the best part-nya, dari Rujak Sambel Asyem adalah gulali-nya, yakni adonan dari gula merah + taburan kacang su'uk sangrai yang dibuat kental seperti caramel, ditarok di loyang alumunium bundar, lalu cara sajinya dengan menggunakan batang bambu kecil-kecil yang masih utuh (tidak disayat), diulir-ulirkan ke adonan tsb sebagai 'pencuci mulut' yang kepedesyan akibat makan si rujak sambel asyem.
Rujak kalau istilah di Cerebon adalah segala bentuk sayur-mayur atau buah-buahan yang dicampur dengan saus (bisa berkacang atau tidak) seperti: rujak janganan (lotek, gado-gado), rujak manis (buah-buahan + saus manis), rujak donggala (asinan), rujak uleg (kombinasi sayur + buah dengan saus kacang), rujak merak (manisan pepaya muda disayat dan diserut), rujak sambel asyem (rujak petis), rujak pace (rujak bebek-tumbuk).
BAHAN-BAHAN POKOK:
- Kangkung
- Tokol atau Toge
- Bonteng atau Timun
BAHAN-BAHAN SAUS:
- Cabe merah besar (yang banyak)
- Cabe rawit (sedikit saja)
- Asyem Jawa (yang banyak)- si primadona panggung
- Merucu (pisang batu muda)
- Terasi- Gula merah (Jawa)
- Petis
- Garam, kecap manis secukupnya
CARA MEMBUAT:
- Bahan-bahan saus digerus semuanya, cabe merahnya jangan sampai lumat, agak kasar-kasar saja, pakai cobek yang angsli lho ya, atau pakai blender kalau ndak yakin cobeknya. Kasar-kasar saja, sampai tercampur homogen.
- Bahan-bahan pokok direbus (kangkung), diseduh (toge) dan dibiarkan mentah atau direbus juga (timun)
CARA MEMAKAN:
- Siapkan di piring atau takir daun pisang berurutan: kangkung, toge, dan timun diiris-iris, lalu siramkan saus sambel asyem-nya di atasnya.
- Hidangkan dengan sekeping kerupuk aci kampung atau peyek udang rebon (kalau ada).
- Pencuci mulut (yang kepedesan): gulali - dibuat dari gula merah yang dimasak dengan api kecil, ditaburi kacang su'uk sangrai. Kalau tidak ada bambu, pakai saja garpu kecil yang biasa untuk makan buah, diulir-ulir ke adonan sampai membentuk bonggolan.
Selamat mencoba!
Salam makan enak dan sehat,
Dilaporkan oleh Ophoeng
BSD City, Tangerang Selatan
http://ophoeng.multiply.com/

Enjoy...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar