Senin, 20 April 2009

Ayam Cabai Hijau dari Sumatra Barat


Walaupun saya masih anak baru boleh yah ikutan IFW ?? ..itung-itung salam perkenalan. Ayam cabai hijau ini resep keluarga ibu saya yang berasal dari Batu Sangkar, Sumbar. Jika ada keluarga dari padang yang datang, menu satu ini pasti gak ketinggalan. Asli nya sih masakan ini menggunakan bebek, tapi berhubung di Jakarta agak susah mendapatkan bebek, dan pengolahan bebek yang susah juga, saya memilih menggunakan daging ayam saja .
Di sumatra barat sendiri, ada beberapa jenis cara me-masak ayam cabai hijau ini. Tau bebek cabei hijau ngarai bukit tinggi yang terkenal itu kan ? kalau bebek hijau ngarai menggunakan minyak yang banyak pada saat memasak. Untuk resep cabai hijau ala keluarga saya ini, tidak menggunakan minyak pada saat proses masak nya, semua bumbu langsung di cemplung bersama ayam, air dan bumbu lainnya. Menurut saya rasa nya lebih segar dan lebih sehat pasti nya, karena tidak menggunakan minyak. Tapi saya gak menolak loh kalau ada yang mengirim bebek cabei hijau ngarai..hihihiihihhi..
Resep ini saya dapatkan langsung dari ibu yang kalau masak gak ada takaran pasti, jadi resep di bawa ini dapat di ubah sesuai dengan selera masing-masing tingkat kepedasanya.
Ayam Cabai Hijau Sumatera Barat

Bahan :

1 kg Ayam kampong/ ayam buras
1 liter air
Bahan A :
¼ kg cabe hijau keriting
20 buah cabe rawit (disesuikan dengan selera)
Bahan B :
2 cm jahe
3 cm kunyit
5 cm lengkuas
7 buah kemiri
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
Garam (secukupnya)
Gula (secukupnya )
Bahan C :
1 lembar daun kunyit
4 lembar daun jeruk
3 batang serai ( ambil putih nya)
Bahan D :
1 sdm bumbu kari
3 sendok air asam jawa (disesuaikan selera)
Cara Membuat :
1. Tumbuk kasar Bahan A , campur dengan bahan B yang telah di giling halus.
2. Masukan campuran bahan A dan bahan B kedalam wajan yang telah di isi air. Campur sekalian Bahan C .Masak hingga mendidih atau bau langu nya hilang.
3. Setelah itu baru masukan ayam, masak dengan api sedang. setelah ayam nya empuk masukan bumbu kari dan air asam. Masak hingga air nya menyusut.
4. Ayam cabai hijau siap di hidangkan
Dilaporkan oleh Feby
Enjoy...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar