Minggu, 19 April 2009

Cumi-cumi bumbu kemanggi


Ini aku kirim laporan IFW, aku gak bisa posting ke milis karena habis ganti email dan masih masuk moderasi.
Tapi aku nggak tau nih, resep ini dari daerah mana… taunya ini masakan Indonesia karena pakai bawang, merah, bawang putih dan kemangi. Resepnya udah aku modif sedikit, pakai santan dan gula merah. Gampang banget disesuaikan dengan selera kita masing-masing… yang suka pedes cabenya dibanyakin atau pakai cabe kriting semua (kalo aku pake cabe merah besar, secara nggak doyan pedes)…yang suka cita rasa manis (kayak aku), gula nya bisa ditambah.

Monggo, sugeng dhahar…

Cumi-cumi Bumbu Kemangi (sumber : 23 Menu Rumahan Praktis & Lezat, Tim Dapur Demedia)

Bahan :
500 gr cumi-cumi, kupas kulitnya dan bersihkan
100 gr tahu putih, haluskan
1 kuning/putih telur
¼ sdt garam
200 ml santan/air
3 sdm minyak goreng, untuk menumis
Daun kemangi secukupnya

Bumbu yg dihaluskan :
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
10 cabai merah
½ buah tomat
¾ sdt garam
Gula merah dan gula pasir secukupnya
Bubuk penyedap (bila suka)

Cara Membuat :
Campur tahu halus dengan garam dan telur, aduk rata. Isikan ke cumi-cumi. Semat ujungnya dengan tusuk gigi, sisihkan.
Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan cumi-cumi, aduk sampai cumi-cumi kaku. Tambahkan santan/air, masak hingga matang dan kuah mengental. Masukkan daun kemangi, aduk sebentar. Angkat, lepaskan penyemat cumi-cumi, sajikan.

Dilaporkan oleh Ariyani
Enjoy...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar