Senin, 13 April 2009

Gadon Sapi Labu siam


Berkat acara IFW NCC akhirnya aku bisa bertekad bulat masak lauk favorit keluarga sejak aku kecil, yaitu Gadon sapi labu siam (jipan dalam bahasa Jawa). Ini resep turun temurun keluarga, paling pas dinikmati dengan sayur bening bayam pake jagung duuhh....nyuss banget deh! Weekend kemaren, saat tubuh letoy....aku paksakan masak hidangan satu ini dan setelah hidangan mateng, trus dinikmati saat makan siang rasanya seger banget. Berhubung nggak ada daun pisang, aku pake cetakan pie hehehehe.....
Banyak sekali versi gadon, ada yang nggak pake labu, jadi 100% daging sapi, ada juga yang pake parutan kelapa muda, semua kembali ke selera keluarga masing-masing :-)
Resep Gadon Sapi Labu Siam dari keluarga saya sebagai berikut:
Bahan dan bumbu:
250gr daging has
2 buah labu siam ukuran sedang
2 butir telur
350 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sdt ketumbar
5 siung bawang putih
7 siung bawang merah
20 lembar daun salam
1/2 - 1 sdt garam
1 sdm gula pasir
daun untuk membungkus
tusuk gigi/lidi untuk menyemat
Cara:
1. Cincang daging has sampai hancur lembut. Bisa juga memakai daging giling supaya praktis, tapi percaya deh dengan mencincang sendiri hasilnya daging lebih manis dan sedap :-)
2. Kupas labu siam dan potong-potong sebesar korek api. Kemudian remas-remas dengan 1 sdt garam, cuci bersih, sisihkan
3. Haluskan ketumbar bersama garam, bawang putih dan bawang merah
4. Dalam baskom, campur jadi satu daging cincang, labu siam, bumbu yang sudah dihaluskan, gula pasir. Aduh merata.
5. Kacau telur sekedarnya masukkan kedalam adonan, tambahkan santan, aduk sampai semua tercampur merata.
6. Ambil sehelai daun pisang, letakkan selembar daun salam kemudian tambahkan adonan. Bungkus dan semat dengan lidi. Lakukan sampai semua adonan habis.
*) Weekend kemaren berhubung nggak ada daun saya pake cetakan pie yang sebelumnya dialasi dengan potongan daun salam.
7. Kukus gadon dalam kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan selama 45 menit atau sampai tanak.
Selamat mencoba :-)

Dilaporkan oleh Dewi
Enjoy...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar