Senin, 20 April 2009

Lontong Sayur Jambal Roti Panggang dari Cirebon



Setelah 3 event sebelumnya tidak sempat berpartisipasi, event ini aku membulatkan tekad dan menyingsingkan lengan untuk bisa ikut :)

Dari kampung halamanku di wilayah pantura, Cirebon, banyak makanan khas yang enyak bin sedap (hehehe, promosi) mulai dari aneka seafood, nasi jamblang, empal gentong, nasi lengko, docang, tahu gejrot dan masih banyak lagi. Tapi makanan tersebut kok kayaknya gak asik ya kalau dibikin sendiri, mendingan beli di tempatnya, mungkin bener juga….serahkan pada ahlinya, hehehe

That’s why, aku bikin Lontong Sayur Jambal Roti Panggang, masakan rumahannya orang-orang Cirebon, hehehe…. Yang aku bikin ini, bahan utamanya jambal roti panggang. Ini bukan jambal roti asin yang biasanya dijual di toko-toko oleh-oleh khas Cirebon, yang rasanya asin (seperti ikan asin pada umumnya) dan masih berbentuk seekor ikan yang masih utuh (biasanya tanpa kepala) atau sudah dipotong kecil-kecil. Jambal roti panggang hanya bisa ditemui di pasar tradisional dan yang jual pun gak banyak. Gak tau deh, di kota laen, ada gak ya yang jual?

Jambal roti panggang ini rasanya enak, empuk dan gurih (aku attach juga penampakan aslinya, sebelum diolah). Di Cirebon sendiri jarang orang makan langsung tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Setiap aku kedatangan tamu dari luar kota dan menyajikan masakan ini, mereka bilang belum pernah lihat sebelumnya, tapi memang sih setahuku dulu ketika tinggal di Jogja dan Bandung, aku juga gak pernah menemukan jambal roti panggang seperti ini di pasar-pasarnya. Yang dibikin ikan panggang seperti ini, selain ikan jambal, biasanya ikan pe dan ikan cucut. Harganya murah kok, per potong antara 500-1200, tergantung musim dan kepiawaian kita menawar, hehehe….


Kalau mau cari masakan jenis ini di tempat makan khas Cirebon agak susah, karena ini jenis masakan rumahan, yang jual paling di warung-warung di area perumahan atau warung-warung makan kecil.

Aku bikin ini karena sayur jambal roti panggang ini salah satu favorit keluargaku, makan pake nasi enyak, pake lontong lebih enyakkk…. :) siapa tahu temen-temen di sini kalau nanti berkunjung ke Cirebon, juga bisa beli dan menikmatinya juga.

Ok deh, semoga bisa meramaikan IFW yaaa….dan jadi ide buat masak hari ini :)


Lontong Sayur Jambal Roti Panggang

Bahan:

- 10 buah jambal roti panggang, rendam dalam air panas kurang lebih 5 menit, setelah itu buang airnya
- 10 buah tahu matang
- 600 ml santan kelapa
- 10 buah cabai hijau, iris kasar
- 10 buah cabe rawit
- 6 buah bawang merah
- 6 buah bawang putih
- Petai (dikupas dan belah jadi dua), garam, gula merah, daun salam, lengkuas, secukupnya


Cara membuat:

- Haluskan bawang merah+putih dan cabe rawit (kalau tidak suka pedas, biarkan cabe utuh)
- Tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga harum. Masukkan cabe hijau dan petai, tumis lagi hingga cabai agak layu
- Masukkan jambal roti dan tahu, aduk sebentar, kemudian masukkan santan hingga mendidih
- Sajikan dengan lontong
Dilaporkan oleh Rina Inayati Cirebon - Indonesia
Enjoy...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar