Jumat, 24 April 2009

Bubur Sumsum


Mau ikutan event yang di host ma temen sendiri nih..
Setelah kemaren bikin Bikang Ambon yang gatot alias bantet (sayang nggak sempet foto,udah BT duluan) sekarang bikin bubur sumsum.
sebelumnya seh bingung mau bikin apa, secara aku g jago dalam hal makanan tradisional, akhirnya setelah hunting resep dapet makanan tradisional yang gampang bikinnya.

Pas juga ma cuaca yang dingin-dingin gini (abis di sini tiap sore hujan terus)
ni resep nya aku ambil dari majalah koki edisi berapa aku lupa, bodohnya aku kok ya nggak kepikir ambil resep NCC
Bahan:
150 gr tepung beras
1/2 sdt garam (aku 1 sdt garam)
900 ml santan kental (aku 1000 ml santan sedang)
2 lbr daun pandan
Sirup gula merah/kinca:
125 gr gula merah serut
125 ml air
2 sdm gula pasir
1 lbr daun pandan

Cara membuat:
Sirup gula merah/kinca:
-Rebus semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Angkat, saring

Bubur:
-campur tepung beras dengan garam, tuang 300 ml (aku sekitar 500 ml,biar gampang ngaduknya) santan perlahan-lahan sambil diaduk hingga tepung beras larut.
-Sisihkan
-Masukkan daun pandan dalam sisa santan, masak di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih
-Tuangkan larutan tepung beras perlahan, aduk hingga kental dan matang, angkat
-Letakkan bubur dalam mangkuk, tuang sirup gula merah/kinca
Hmmm..... nikmat rasanya hujan-hujan makan bubur sumsum
Dilaporkan oleh mike

Enjoy...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar