Senin, 20 April 2009

Urap dan Karedok dari Jakarta

Laporan IFWN lagi ahh....

Urap (Jakarta)
Bahan :
Wortel, potong korek api, rebus
Kacang Panjang, potong potong, rebus
Kol, diiris iris, rebus
Tauge (bikin sendiri loh), siram air panas
Mentimun, potong serong
Bayam ato kangkung (keetulan di Qatar lagi ga ada, saya ganti daun yang mirip bayam (ga tau namanya)), rebus

Bumbu halus :
7 buah bawang merah
5 buah bawang putih
7 buah cabe merah
gula merah
garam
terasi matang
kencur
daun salam
daun jeruk
Kelapa buat urap (saya pakai kelapa kering yang dicampur sedikit air biar lembab)
Cara nya :
Ulek ato blender bumbu halus.
Panaskan minyak goreng
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama daun salam, daun jeruk sampai harum.
Masukkan kelapa, aduk rata sampai tercampur dan umbunya meresap, matikan api.
Penyajian :Tata sayur sayuran yang sudah direbus tadi, taburi dengan kelapa berbumbu tadi, siap disantap bersama tempe goreng dan nasi hangat, ehm... sedaap.



Masakan asli daerah Jawa Barat ini memang menyehatkan, memang sih semua bahan nya serba mentah kecuali sambal kacang nya aja yang dibuat matang.
Beberapa hari yang lalu saya membuat tauge, kebetulan pingin bikin karedok. Pulang dari Kaifa setelah istirahat dan shalat dhuhur mulai deh nguplek di dapur. Pas selesai pas bapaknya anak-anak pulang dines kebetulan juga Pak Tom baru datang dari Indonesia, jadilah kita makan bareng-bareng ditambah dengan ikan goreng, hmmm enak... sayang nya Pak Adi sudah makan jadi deh ga ikut makan bareng sama kita kita (tapi tenang Pak Adi sudah saya sisihkan kok di dapur, jadi yah selamat menikmati aja), sayang juga ga ada kemangi kan ciri khas nya karedok ya di daun kemangi nya itu.
Karedok
Bahan :
Tauge (buat sendiri loh)
Kol, diiris tipis
Selada,diiris tipis
Kacang Panjang,diiris tipis
Mentimun, dibelah empat, dipotong kecil

Sambal Kacang :
2oo gr kacang tanah, goreng, haluskan
11 buah cabe merah (saya suka pedas)
3 siung bawang putih, rebus bersama cabe merah
3 ruas kencur,kupas bersih (stt dapet kencur dari mba Yuli nih)
3 sendok air asam
garam
gula merah
air

Caranya
semua bahan saya blender sampai halus, cicipi rasanya ya, siap digunakan
Dilaporkan oleh Yayan
http://www.aishagallery.blogspot.com/
http://www.keluargasriyadi.blogspot.com/


Enjoy...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar