Sabtu, 18 April 2009

Selat Solo


lapor lagi ahh untuk acara IFWN , ini resep andalan aku kalo ada acara keluarga pasti aku buat nih selad solonya... secara emang orang jawa dan makanan ini dah familiar banget buat keluarga besar ku. Tapi berhubung , belum ikutan food photograpy jadi gambarnya , apa adanya aja ya ...
Nih dia resepnya :

Selat Solo
(source: kumpulan resep sedap pemula )

Bahan:
500 gr daging has dalam
2 sdt pala bubuk
1 sdt merica bubuk
4 sdm mentega
1 l air
1sdm garam
8 sdm kecap manis
Kentang potong tipis-tipis dan goreng kering
Wortel dan buncis potong memanjang


Bahan perendam:
1 sdt pala bubuk (kalo saya tidak saya gunakan lagi , pala bubuk hanya untuk kuah)
1 sdt garam
2 sdm kecap manis

Bahan acar:
2 bh ketimun , timun dibelah 2 dan potong tipis
1 ½ sdt garam
¼ sdt merica bubuk
2 sdt cuka
2 sdm gula pasir

Bahan saus: (saya modifikasi sendiri berdasarkan taste saya)
3 buah telur rebus , hancurkan sampai halus (saya pakai putih dan kuningnya)
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
1sdm mentega yang sudah dicairkan
¼ sdt merica bubuk
1 sdt mustard
½ sdt cuka
1 sdm mayonaise

Cara membuat:
Tusuk-tusuk daging , lumuri dengan bumbu perendam biarkan 1 jam
Panaskan mentega, goreng daging hingga setengah matang angkat dan potong-potong menurut selera
Panaskan lagi mentega bekas menggoreng daging, tuangi air , biarkan mendidih masukan adging aduk sebentar.
Bumbui garam, merica, pala, kecap. Kecilkan api dan amsak sampai daging empuk dan kuah mengental.
untuk acar: aduk jadi satu bahan acar, diamkan kurleb 2 jam dalam lemari pendingin.
Saus: campur semua bahan saus.
Penyajian: atur semua bahan sepeti: wortel , buncis, daging dan acar kemudian siram dgn kuah selad solo, taburi keripik kentang dan beri saus di atasnya.

Dilaporkan oleh Nurul
Enjoy...

1 komentar:

  1. hai hai,
    aku mau coba resepnya ntar malem ni.. hehe
    wish me luuuck :D

    BalasHapus