Kamis, 16 April 2009

Adaan Tusuk dari Palembang

Cukup menyenangkan tinggal di kota yg terletak di tepi laut, terutama karena ketersediaan seafood yang selalu segar dengan harga terjangkau. Seperti halnya di Balikpapan, di Mumbai pun pasar ikan selalu jadi favorite saya. Terlebih lagi, ikan dan udang bisa kita bawa pulang dalam keadaan sudah dibersihkan (tentu dengan permintaan khusus).
Ikan kembung adalah kesukaan Patricia, kakap putih kesukaan Patrick, sementara udang adalah kesukaan seluruh keluarga :). Tenggiri hampir selalu tersedia dalam frezeer kami, biasanya saya beli 2 kg, dalam keadaan sudah dibersihkan (boneless, skinless), kemudian saya bagi masing2 1/2 kg sebelum dibekukan. Sekali masak, tinggal ngambil 1 bungkus berisi 1/2 kg tsb. Praktis. Hal yg sama saya lakukan u/ udang yang sudah dibersihkan. Masakan paling populer untuk tenggiri adalah pempek Adaan.Pempek Adaan adalah jenis pempek yg menurut saya paling praktis. Karena itu, jenis inilah yang sering saya buat di rumah (gak mungkin lah saya membuat sesuatu yg rumit toh :)). Adaan artinya mendadak, karena adonannya dapat disiapkan seketika. Adonannya seperti adonan otak2, tapi dengan daging ikan yang lebih banyak dan ditambahkan telur, bawang merah iris, daun bawang iris. Adonan dibentuk seperti bola ping-pong, lalu digoreng.Buat saya pembuatannya makin praktis dengan adanya food processor.
Source : Primarasa Indonesia, Kudapan Asin.

500 gr ikan tenggiri
100 ml putih telur *saya pakai 1 kuning telur dan 2 putih telur2
1/2 sdt garam
1 sdt merica
400 ml air
8 butir bawang merah, iris halus
2 batang daun bawang, iris halus
250 gr tepung kanji *saya pake 200 gr tepung kanji + 50 gr tepung sagu
minyak untuk menggoreng
tusuk sate
Saus600 ml air
10 buah cabe rawit, haluskan
10 buah bawang putih, haluskan
200 gr gula merah
1 sdt garam
1 sdm tongcai *saya gak pake1 sdtm asam jawa2 sdt ebi bubuk**
Saya selalu memulai dengan membuat sausnya dulu.
Sambil menunggu saus matang di atas api kecil, saya menyiapkan adonan adaan.
Jadi saya mulai dengan step no.4, lalu kembali ke step 1-3.
Cara membuat:
1. Taruh daging ikan tenggiri, putih telur (& kuning telur), garam dan merica dalam food processor, proses hingga halus. Tambahkan air, bawang merah, dan daun bawang. Proses kembali hingga rata dan adonan pucat.
2. Masukkan tepung secara bertahap. Proses kembali hingga adonan rata. Keluarkan adonan dari food processor, pindahkan dalam mangkok.
3. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan di atas api sedang. Bentuk bulat adonan dengan bantuan 2 sendok teh. Masukkan ke dalam minyak panas. Goreng hingga adonan matang dan berwarna kecoklatan, angkat, tiriskan. Tusuk 2-3 buah adaan dengan tusuk sate.
4. Saus: Rebus air, cabe rawit, bawang putih, gula merah, garam, tongcai, dan asam jawa hingga mendidih. Kecilkan api, masak hingga air menyusut tinggal 300 ml. Angkat dari atas api, saring. masukkan ebi, aduk. Sajikan sebagai pelengkap adaan.
Dilaporkan oleh Vania
Enjoy...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar