Selasa, 21 April 2009

Semur Jengkol Betawi


Laporan buat IFW,Ini dia makanan favoritku kalo liburan tiba. Semur Jengkol Betawi. Gak semua orang suka jengkol, tapi banyak juga yang suka jengkol. Termasuk akyuuu. Jadi hari sabtu kemarin, aku sama mamaku masak semur jengkol. Cuma berani makan jengkol hari Sabtu ato pas libur panjang, supaya kepercayaan diri gak terganggu pas masuk kerja...hehehe.
Ini resepnya,
Semur Jengkol Betawi
1/4 kg Jengkol (pilih yang tua, biar legit)
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt lada
3 siung kemiri
Kecap manis secukupnya
5 lembar daun jambu biji
Garam dan
penyedap rasa secukupnya
Cara membuat:
1. Belah dua jengkol dan rebus bersama daun jambu biji sampai jengkol matang. Daun jambu biji ini berguna untuk meredam sedikit bau jengkol yang memang top banget.
2. Buang air rebusan jengkol, cuci bersih jengkol yang sudah direbus. Kalau mau, bisa juga air rebusan jengkol ini dibuang berkali-kali. Jadi rebus, buang, rebus, buang. Berguna juga untuk meminimize bau jengkol. Keprek sedikit jengkol sehingga sedikit pipih.
3.Haluskan bawang merah, bawang putih, lada dan kemiri
4.Tumis bumbu yang sudah dihaluskan.
5. Masukan jengkol ke dalam tumisan bumbu, tuang 250 ml air, masukan kecap, rebus kembali jengkol sampai airnya mecek2 (alahhh..apa sih ini bahasanya, maksudnya sampai airnya tinggal sedikit). Masukan garam dan penyedap rasa.
6. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.Dijamin makannya 2 piring..(itu sih aku). Tambah mantap kalo disajikan dengan urap sayur.
Dilaporkan oleh Rieska
Enjoy...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar