Senin, 27 April 2009

Serabi Oncom

Sebelum pulang ke rumah Pulo Gebang kemarin, memang udah diniatin untuk bikin Serabi Oncom... secara disini aku punya cetakan serabi dari tanah liatnya yang jadul banget... entah berapa belas tahun lalu aku belinya...

Pagi2 males kepasar, toh semua bahan untuk serabi ada dilemari, kecuali oncomnya yang mau aku beli dari tukang sayur yang lewat aja... Eh ternyata udah habis tuh oncomnya...
Beberapa jam kemudian lewat lagi tukang sayur yang lain... baru deh dapet oncomnya + daun bawang...

Akhirnya kesampean juga deh bikin Serabi Oncom.... Dimakan sendiri aja banyak banget, sampe ngak makan siang dan makan malem. Setelah dipotrat potret trus keingetan dengan IFW, jadi aja aku kirim sebagai partisipasi yang kedua kalinya... gini ya resepnya :

SERABI ONCOM
ala Lisa Basuki


Bahan Serabi :

150 gr tepung beras
150 gr tepung terigu
500 cc santan cair dari 1/2 kelapa, didihkan
( simpan ampasnya untuk melicinkan cetakan )
1/2 sdt garam
1 btr telur
1/4 kelapa agak muda, diparut ( bila suka )
1 1/4 sdt baking powder

Oncom :

1 ptg oncom ukuran 10 x 10 cm, cincang kasar
2 siung bawang putih, cincang halus
2 bh bawang merah, cincang halus
1 buku jari kencur, cincang halus
1 btg daun bawang, iris tipis
3 bh cabe merah keriting, iris
4 bh cabe rawit, iris
garam secukupnya
1/4 sdt gula pasir
1 sdm minyak untuk menumis


Cara Membuatnya :

Tumis Oncom :
Panaskan minyak dalam wajan
Tumis cincangan bawang merah, bawang putih dan kencur sampai harum
Tambahkan irisan daun bawang dan cabe, aduk rata, masukkan oncomnya, garam dan gula, aduk rata
Beri sedikit air kurleb 25 cc supaya adonan tidak melekat di wajan, aduk terus sampai agak mengering
Angkat dan sisihkan

Serabi :
Setelah santan mendidih, sisihkan, dan biarkan sampai hangat
Campur kedua macam tepung, garam dan telur, kocok dengan kecepatan rendah,
Tuangkan santannya sedikit demi sedikit, kocok terus sampai kurleb 20 menit
Sisihkan dan diamkan selama 30 menit
( sementara itu panaskan cetakan serabi, sangan ampas kelapa sampai berminyak, buang ampasnya dan bersihkan cetakan dengan serbet bersih )
Masukkan baking powder dalam adonan tepung, aduk rata, diamkan lagi 10 menit
Panaskan kembali cetakan diatas api kurleb 5 menit
Tuang 1 sendok sayur adonan kedalam cetakan, tunggu sampai timbul gelembung2 kecil dan bersarang
Setelah adonan 3/4 kering, bubuhkan 1 sdm tumisan oncom, tekan2 sedikit, dan tutup sampai matang
Untuk proses dari mulai menuangkan adonan sampai matang dibutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk serabi yang berdiameter 6 cm ( untuk menyelesaikan semua adonan, muka dan badanku juga serasa mateng kepanasan he he heee...)
Angkat serabi dengan menyisipkan sodet kecil atau pisau berujung bulat dibagian dasarnya
Segera santap selagi masih hangat... hmmmmmm

Untuk lengkapnya silahkan liat di blog aku

Dilaporkan oleh Lisa Basuki
http://alleykitchen.blogspot.com

Enjoy...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar