Jumat, 17 April 2009

Bongko Pisang


Bongko Pisang ini adalah kudapan yang berasal dari Banjarmasin. terbuat dari tepung beras, kanji, santan dan berisi potongan pisang raja dibungkus dengan daun pisang. Rasanya Manis gurih, mirip Nagasari, bedanya adoanan Nagasari dimasak diatas api sedangkan Bongko Pisang tidak. Malah berupa cairan. Hasilnya, adonan Bongko Pisang lebih lembut tidak terlalu padat seperti Nagasari.
Resepnya saya dapatkan dari resep Oma saya yg diajarkan ke saya oleh Tante saya. Lumayan juga rumitnya membungkus cairan dengan daun pisang. Sempat membuat dapur kacau dan balau hihhihi. Tapi cukup sesuai dengan hasilnya yang mengingatkan saya pada Oma dan acara nge-teh sore hari abis bangun tidur di masa kecil ^^
Berikut resepnya (Sesuai resep asal yang ukurannya pakai cangkir). Selamat Mencoba.
BONGKO PISANG
Recipe: turun temurun dari Oma Gan Lian Pang Nio
Origin : Banjarmasin
Bahan 1:
- 2 cangkir tepung beras, diayak
- 1/2 cangkir tepung kanji, diayak
- 1/2 cangkir gula pasir
- 1 sdt garam
- 4 cangkir santan hangat kuku (jangan terlalu encer agar lebih gurih)
Bahan 2 (aduk rata):
- 2 cangkir santan kental
- 1/2 cangkir tepung beras
Isian: 1 sisir pisang Raja yang masak (saya cari yang sudah agak kehitaman kulitnya), dipotong serong (sesuai selera, asal potongannya cukup besar ya jangan kekecilan)
Pembungkus: Daun pisang yang lebar, dilayukan (dijemur dulu), sujen (atau staples buat yg mau praktis kaya saya hahaha)
Cara Membuat:
1. Siapkan baskom yang cukup besar, masukkan tepung beras dan kanji yang sudah diayak, gula pasir, garam. Campurkan perlahan-lahan santan hangat kuku yang sudah disiapkan sambil diaduk dengan whisk hingga rata. Sisihkan.
2. Siapkan bahan 2 dan pisang raja yg sudah dipotong-potong, sisihkan.
3. Ambil sepotong daun pisang yang cukup lebar, bentuk segitiga ( seperti kalau kita mau membungkus nasi), letakkan didalam gelas cangkir (agar lebih mudah mengisinya, karena adonannya cair sekali), isi dengan adonan 1 dan sepotong atau dua potong pisang raja, tambahkan adonan 2.
4. Bungkus dengan rapi (hihihi ini yg agak tricky). Kukus dalam dandang selama kurang lebih 15 menit. Angkat, siap dihidangkan. Nikmati dengan secangkir teh di sore hari.. hmm.. sedappppp
Dilaporkan oleh Luluk Gozali
Enjoy...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar