Jumat, 17 April 2009

Ayam Betutu dan Serombotan

aku lapor lagi yah....Masih dari daerah yang sama dengan sebelumnya...Bali, biar lebih sering didengar gitu masakannya sama orang dari daerah lain.Aku coba masak Ayam Betutu.....kalau ini mungkin orang banyak tau yah. Aku pakai resep dari Masakan Indonesia-Yasa Boga ajah.Kalau untuk sayurnya aku bikin Serombotan. Ini mirip urap kalau di pulau jawa.Aku pertama kali nyobain beli itu tahun 1978 pas ngaben nenek ku di pasar senggol Klungkung. Banyak yang jual kalau pagi dan rasa kacang gorengnya enak sekali, kecil dan gurih beda sama yang di sing besar2 dan gak gurih.Dan uang yang buat jajan aku dapat dari uang bolong (kuno) yang disebar pas acara ngaben (masih kecil jadi kalau rebutannya ayam gak dapat deh) trus aku tuker ke pasar...bisa beli serombotan atau sate ayam deh.
Oh ya ini resepnya seperti dibawah ini....

AYAM BETUTUBahan :
1 ekor atau 11/2 kg ayam besar
100 gram daun singkong muda, rebus lunak, peras, potong potong (saya tidak pakai karena ketinggalan di pasar daunnya....hiks)
garam dan gula menurut selera
daun pisang atau alumunium foil untuk membungkus
Bumbu dihaluskan
7 buah cabai merah
5 buah cabai rawit
5 buah kemiri
10 buah bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt terasi
2 sdt merica bulat
1/2 sdt pala bubuk
1 sdm ketumbar sangrai
1 1/2 sdm serai, iris halus
4 lbr daun jeruk (saya lebihkan biar terasa wanginya)
1 sdm lengkuas cincang
2 sdt kunyit cincang
2 sdt jahe cincang
2 sdt kencur cincang

Dengan sendok makan minyak, tumis bumbu sampai halus, harum dan kering, dinginkan bagi menjadi 2 bagian.
Campur satu bagian bumbu dengan daun singkong, masukkan dalam rongga badan ayam, rapatkan dengan tusuk gigi.
Lumurkan sisa bumbu pada permukaan ayam dan bawah kulit.
Bungkus dengan beberapa lapis daun pisang, ikat erat dengan tali. (saya menggunakan tusuk gigi saja untuk membuat ayam posisinya tetap rapih dan untuk menyematkan daun pisangnya biar tertutup).
Panggang dalam oven dengan panas 180 derajat C, 2-3 jam sampai matang (saya 1 jam kurang saja sudah matang soalnya ayam negeri).
Angkat potong2 hidangkan.
Untuk mempersingkat pemanggangan bisa direbus dulu ayamnya kur leb 45 menit, kemudian
panggang 1 jam (kalau menurut saya direbus dulu kurang enak dibanding dibakar langsung).
Di Bali bebek betutu dibungkus lagi dengan pelepah pinang, ditanam dilubang di tanah lalu diisi bara api dibiarkan sampai matang selama 6 -7 jam.


SEROMBOTAN

Resep dari Nyonya Sri Utami
Bahan ;
1 ikat kangkung
200 gram taoge
4 buah terong bulat warna hijau (rasanya enak manis kayak jambu)
200 gram kelapa jangan terlalu tua diparut
Bumbu yang dihaluskan dan ditumis
3 sdm minyak sayur untuk menumis
1 cm kencur
3 lembar daun jeruk purut diiris tipis
1 sdt terasi
3 buah cabe rawit merah atau 2 buah cabe keriting
Garam dan gula pasir/jawa secukupnya
(Saya tambahkan 2 bawang merah dan 1 siung bawang putih)
Untuk taburan : bawang goreng, kacang tanah goreng dan kacang kedelai goreng secukupnya. (saya tidak pakai kacang kedelai karena kedelai di sing susah keringnya kalau digoreng dan tidak gurih).
Rebus kangkung dan taoge sampai layu kemudian angkat dan tiriskan.
Belah terong jadi 4 bagian kemudian diiris tipis.
Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum kemudian angkat.
Campurkan bersama kelapa parut.
Siapkan piring letakkan kangkung, taoge, irisan terong, beri kelapa berbumbu, tambahkan bawang goreng, kacang tanah dan kacang kedelai.Jika ingin kelapa parutnya tahan lama tidak cepat basi, kelapanya dipanaskan di wajan dan dicampur bumbu yang dihaluskan. Aduk hingga rata menggunakan api sedang saja. Setelah rata angkat, siap disajikan bersama sayuran.
Setelah matang semua Ayam betutu dan Serombotan bisa dihidangkan bersama nasi panas.....hm enak banget, bisa nambah dan nambah....

Selamat mencoba yah...
Dilaporkan oleh Uchiet


Enjoy...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar