Selasa, 28 April 2009

Tongseng Kambing dari Solo


Mumpung masih ada waktu, masakan ini aku ikutkan di event Indonesian Food Week NCC. Sudah lama jadi member pasif, paling tidak tetap ikut berpartisipasi di salah satu evennya. Kali ini yang jadi hostnya adalah Siany.Ini untuk pertama kalinya masak kambing sendiri :) soalnya juga emang jarang makan kambing. cuman karna habis nganter temen beli daging kambing di boucherie halal dan dia cerita sukses tentang tongsengnya, jadi penasaran deh...akhirnya latah, ikut-ikutan beli daging kambing dan bikin. gak banyak2 sih, cuma buat aku sendiri, soalnya ayah gak makan daging dan naiya gak suka. Resepnya hasil nyontek di rumahnya Dhita - Cookingetcetera dan karna cuma sendiri, cuma buat 1/3 resep aja. testimoninya? enaaakkk, sampe kuahnya pun sayang dibuang, dipanasin lg buat besoknya dimakan pake nasi anget walopun dagingnya dah abis :D sluurrrrpp!!

TONGSENG KAMBINGor

Indonesian Spicy Lamb Soup
source : Dhita Beechey - http://www.cookingetcetera.com/
Ingredients:
* 1 kg of lamb - add lamb ribs for flavours
* 1 liter coconut milk (canned/packaged)
* 1/2 cabbage - roughly chopped
* 4 pcs whole cloves
* 2 pcs red tomatoes, chopped
* 1 stalk of lemon grass - bruised
* 2 cm galangal
* 4 pcs kaffir lime leaves
* 6 pods of cardamoms
* 3 cm cinnamon stick
* 10 pcs red (bird eye’s) chilies, sliced
Processed (paste)
Ingredients:
* 8 pcs shallots
* 6 pcs garlic
* 2 cm fresh garlic
* 5 pcs candlenuts - roasted
* 1/2 tsp coriander seeds - roasted for better taste
* 1/2 tsp cumin powder
Cooking Directions:
1.) In a pressure cook, boil lamb in 1 ltr water until tender enough
2.) Stir fry processed ingredients until fragrant. Add lemon grass
3.) Mix in the cooked ingredients into lamb pot, add the rest of ingredients
4.) Let it cook for a while, stir in coconut milk.
5.) Add chopped cabbage, tomatoes & chilies. Let it cooked through
6.) Ready to serve with warm steamed rice on the sideand sprinkles of fried shallots (bawang goreng)
note: gini nih, kalau masak mepet waktu makan siang, foto gak maksimal, cuma sekedar buat dokumentasi. BG lecek, mati gaya. udah gitu keknya kebanyakan nuang kuahnya,jd kurang terlihat isi tongsengnya.

Dilaporkan oleh Restianti

Enjoy...

1 komentar: