Selasa, 14 April 2009

Lemper ayam bumbu kemanggi


Beberapa kali tak sempat mengikuti event Indonesian Food Week NCC - Natural Cooking Club, sebuah klub kuliner. Kali ini menyempatkan diri untuk berpartisipasi. Mengangkat tema Makanan Tradisional Indonesia, cukup menyedot perhatian teman-teman lainnya, termasuk juga saya. Melestarikannya merupakan niat kami dari awal terjun di dunia kuliner ini.
Lemper merupakan salah satu jenis camilan yang berasal dari daerah Jawa.
Tak susah untuk menemukan camilan ini, karena sudah sangat populer menjadi suguhan diberbagai acara di Indonesia. Bahkan terakhir makanan ini pun telah mengalami banyak variasi, untuk tampilan luar, biasanya dibungkus daun, sekarang memakai plastik siap kemas; atau ada pula yg menggorengnya tanpa harus dibungkus daun.
Untuk isiannya pun ada banyak pilihan yg bisa kita ramu. Walau pada umumnya menggunakan bumbu dasar seperti bumbu opor ayam, namun ada pula yang mencoba menyajikan dengan bumbu padang atau bumbu kluwak.
Kebetulan sekali hati ini sedang ingin menyantap Daun Kemangi. Jadi, kali ini isian lemper ayam saya tambahkan Daun Kemangi yang dicincang kasar. Sedaap !!
Lemper Ayam Bumbu Kemangi
Recipe by Rachmah Setyawati
Ingredients :
1/2 kg Beras Ketan Putih, rendam 1/2 jam
350-400 cc Santan Encer mentah 1 batang Serai
Isi :
350 gr Daging Ayam, rebus, tiriskan , cabik2 (suwir-suwir agak halus)
2 ikat daun kemangi segar, cincang kasar

Bumbu Halus :
5 siung Bawang Merah
4 siung Bawang Putih
5 butir Kemiri
sedikit kunyit
1/4 sdt jinten bubuk 1
/4 sdt ketumbar bubuk
1 batang serai
2 bh daun jeruk
1 bh daun salam
1/4 sdt garam halus
100 cc santan encer mentah
1/4 sdt garam
1/8 sdt gula pasir
Directions :
1. Kukus beras ketan putih selama 10 menit. Angkat.Ambil ketan letakkan pada baskom.
2. Panaskan santan encer dan garam serta serai, matikan api, tuang larutan santan panas ke dalam ketan yg telah dikukus, aduk-aduk.
3. Panaskan kembali kukusan, lalu kukus kembali ketan tadi hingga matang, kurang lebih 30 menit.
4. Isi : Tumis bumbu halus beserta bumbu rempah lainnya hingga harum, masukkan ayam suwir, aduk rata. Tuang santan encer, aduk lagi, bubuhi garam & gula, cicipi. Jika rasa sudah pas, aduk rata, menjelang diangkat, masukkan daun kemangi cincang, matikan api, aduk-aduk rata selagi panas. Sisihkan.
5. Ambil dua sendok makan adonan ketan matang, kepal-kepal di selembar plastik, pipihkan, isi dengan satu sendok makan ayam suwir, tutup isian dengan merapatkan kembali adonan ketan. Kepal-kepal bentuk lonjong. Bungkus rapat dengan daun pisang.
*** Hasil jadi : sekitar 20 bungkus Lemper dgn besar sedang***
Dilaporkan oleh Rachmah Setyawati
Enjoy...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar