Sabtu, 18 April 2009

Klepon


Pengen berusaha unuk meramaikan IFW, setelah coba masak untuk coto makasar, ini aku kirim lagi hasil uji coba bikin klepon. Alhamdulillah gak ancur-ancur buanget , secara amatir di bidang masak-memasak...kalo penampakannya belum cantik, ya karena ini pertama kali bikin klepon . Monggo diliat-liat dulu. Btw, seperti biasa saya dapet resep klepon ini dari googling di internet , source nya lupa , terimakasih buat yg sudah posting di web dan yg punya resep ini, saya hanya modifikasi sedikit dengan tambahan santan, kata orang santan dipake biar gurih dan empuk.. tapi emang terbukti koq... empuk dan gurih boooo

KLEPON

Bahan:
250 gr tepung ketan
50 gr tepung beras
80 ml air daun suji
150 ml santan kara yang sudah direbus terlebih dahulu
2 sdt air kapur sirih
100 gr gula merah , disisir halus
Kelapa parut secukupnya
¼ sdt garam
1 liter air untuk merebus bola klepon

Cara membuat :
campur tepung beras dan tepung ketan menjadi satu hingga rata.
campurkan santan yg sudah matang, air daun suji dan air kapur sirih
campurkan bahan cair ke campuran tepung tersebut kemudian Uleni hingga liat.
Ambil sedikit adonan , pipihkan , masukan gula merah kemudian rapatkan dan bentuk bola.
Rebus dalam air mendidih , celupkan bola-bola klepon, biarkan hingga matang dan mengapung
Angkat dan gulingkan dalam kelapa parut yang sudah dibubuhi garam (kalau saya kelapanya di kukus dulu barang 5-10 menitan).

Dilaporkan oleh Nurul
Enjoy...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar