Selasa, 28 April 2009

Bebongko dari Banjar


Saya udah posting di milis tapi belom lapor soalnya masih blum yakin namanya.
Kayaknya nih namanya Bebongko.. asal Banjar.. mudah-mudahan gak salah ya..
Di resep saya ubah dikit di santan ada yang salah dari yg udah saya post di milis..

Bahan :
300 gram tepung beras
700 ml santan
80 gram gula pasir
1 sdt garam
2 lembar daun pandan
200ml santan kental
100 gram gula merah
Daun pisang dan lidi untuk membungkus
Cara Membuat :
1. Campurkan tepung beras dengan 300 ml santan, sisihkan.
2. Campurkan 600 ml santan dengan gula pasir, garam dan daun pandan, rebus hingga mendidih.
3. Masukkan larutan tepung beras ke santan mendidih, aduk hinggameletup-letup.
4. Taruh 3 sdm adonan pada daun pisang, isikan gula merah didalamnya,tutup dengan adonan lagi, berikan santan kental, semat dengan lidibentuk tum.
5. Kukus hingga matang, sajikan.
Dilaporkan oleh rohmah
mailto:rohmah@gmail.com

Enjoy...

Wingko Babad


Mau laporan .... sebenarnya ini udah dibikin pas kartinian di sekolah anakku. Cuma berhubung kompi lagi ngadat, baru bisa laporan sekarang.

Aku bikin Wingko Babat. Makanan tradisional ini gampang banget bikinnya. Walaupun asalnya dari Babat ( kota kecil di Jawa Timur ), justru wingko lebih dikenal di Semarang.

Eh koq ceritanya jadi kemana mana....

Resepnya :
1,5 buah kelapa agak muda, parut memanjang.
200 gr tepung ketan.
250 gr gula ( rebus dengan air segelas ) dinginkan.
Vanili secukupnya.

Cara membuatnya:
Siapkan oven suhu 160 derajat.
Alasi loyang dengan daun pisang dan oles dengan sedikit minyak. Sisihkan.
Campur semua bahan.
Padatkan dalam loyang, sambil ditekan tekan ( kurang lebih 1-1,5 cm )
Panggang selma kurang lebih 20 menit.
Angkat. Potong potong dan hidangkan.

Dilaporkan oleh Yenni



Enjoy...

Tongseng Kambing dari Solo


Mumpung masih ada waktu, masakan ini aku ikutkan di event Indonesian Food Week NCC. Sudah lama jadi member pasif, paling tidak tetap ikut berpartisipasi di salah satu evennya. Kali ini yang jadi hostnya adalah Siany.Ini untuk pertama kalinya masak kambing sendiri :) soalnya juga emang jarang makan kambing. cuman karna habis nganter temen beli daging kambing di boucherie halal dan dia cerita sukses tentang tongsengnya, jadi penasaran deh...akhirnya latah, ikut-ikutan beli daging kambing dan bikin. gak banyak2 sih, cuma buat aku sendiri, soalnya ayah gak makan daging dan naiya gak suka. Resepnya hasil nyontek di rumahnya Dhita - Cookingetcetera dan karna cuma sendiri, cuma buat 1/3 resep aja. testimoninya? enaaakkk, sampe kuahnya pun sayang dibuang, dipanasin lg buat besoknya dimakan pake nasi anget walopun dagingnya dah abis :D sluurrrrpp!!

TONGSENG KAMBINGor

Indonesian Spicy Lamb Soup
source : Dhita Beechey - http://www.cookingetcetera.com/
Ingredients:
* 1 kg of lamb - add lamb ribs for flavours
* 1 liter coconut milk (canned/packaged)
* 1/2 cabbage - roughly chopped
* 4 pcs whole cloves
* 2 pcs red tomatoes, chopped
* 1 stalk of lemon grass - bruised
* 2 cm galangal
* 4 pcs kaffir lime leaves
* 6 pods of cardamoms
* 3 cm cinnamon stick
* 10 pcs red (bird eye’s) chilies, sliced
Processed (paste)
Ingredients:
* 8 pcs shallots
* 6 pcs garlic
* 2 cm fresh garlic
* 5 pcs candlenuts - roasted
* 1/2 tsp coriander seeds - roasted for better taste
* 1/2 tsp cumin powder
Cooking Directions:
1.) In a pressure cook, boil lamb in 1 ltr water until tender enough
2.) Stir fry processed ingredients until fragrant. Add lemon grass
3.) Mix in the cooked ingredients into lamb pot, add the rest of ingredients
4.) Let it cook for a while, stir in coconut milk.
5.) Add chopped cabbage, tomatoes & chilies. Let it cooked through
6.) Ready to serve with warm steamed rice on the sideand sprinkles of fried shallots (bawang goreng)
note: gini nih, kalau masak mepet waktu makan siang, foto gak maksimal, cuma sekedar buat dokumentasi. BG lecek, mati gaya. udah gitu keknya kebanyakan nuang kuahnya,jd kurang terlihat isi tongsengnya.

Dilaporkan oleh Restianti

Enjoy...

Jemblem dari Surabaya


Inget snack jadoel ini adalah favorite keluarga ku di Surabaya. Terutama adik bungsu ku dan alm. Eyang Kakung.Dulu, alm. Eyang Kakung - memberikan nama panggilan sayang "Jemblem" buat adikku Wendy. Karena masa kecil nya Wendy tuh pipi nya chubby banget - katanya mirip Jemblem, hehe. ***we miss you GrandPa***Sampai beberapa waktu lalu - pas meeting di kantor, CEO ku yang orang Surabaya, nanyain apa aku bisa bikin Jemblem instead of Carrot Cake yang aku bikin untuk snack meeting hari itu. Tertantang juga nih, pikirku.Baru sempat belajar bikin nya dan praktek sama Mama pas pulang ke Surabaya - sekalian nengok adik iparku di Madiun yang sedang sakit.

Jemblem
Resep : Mama di Surabaya
Bahan:500gram Singkong (Ubi Kayu/Ketela Pohon)
1/4 butir kelapa
1sdt garam
Gula Merah untuk isian
Minyak untuk menggoreng
Cara Membuat:
- Kupas dan bersihkan Singkong dan kelapa. Cuci sampai bersih kemudian parut dengan parutan kelapa (jangan pakai parutan keju - nanti jadi nya Srawut)
- Campur jadi satu parutan Singkong, Kelapa dan garam.
- Panaskan minyak dengan api sedang
- Ambil 1-2sdm adonan singkong, kepal-kepal kemudian pipihkan, isi dengan serutan gula merah secukupnya. Tutup kembali sampai tidak ada gula merah yang kelihatan dari luar, bulatkan.
- Segera masukkan minyak panas, goreng dengan api sedang sampai matang.
- Sajikan hangat untuk teman minum teh sore hari.
Untuk 10 pcs.
Dilaporkan oleh Widya Hidayat
Enjoy...

Senin, 27 April 2009

Serabi Oncom

Sebelum pulang ke rumah Pulo Gebang kemarin, memang udah diniatin untuk bikin Serabi Oncom... secara disini aku punya cetakan serabi dari tanah liatnya yang jadul banget... entah berapa belas tahun lalu aku belinya...

Pagi2 males kepasar, toh semua bahan untuk serabi ada dilemari, kecuali oncomnya yang mau aku beli dari tukang sayur yang lewat aja... Eh ternyata udah habis tuh oncomnya...
Beberapa jam kemudian lewat lagi tukang sayur yang lain... baru deh dapet oncomnya + daun bawang...

Akhirnya kesampean juga deh bikin Serabi Oncom.... Dimakan sendiri aja banyak banget, sampe ngak makan siang dan makan malem. Setelah dipotrat potret trus keingetan dengan IFW, jadi aja aku kirim sebagai partisipasi yang kedua kalinya... gini ya resepnya :

SERABI ONCOM
ala Lisa Basuki


Bahan Serabi :

150 gr tepung beras
150 gr tepung terigu
500 cc santan cair dari 1/2 kelapa, didihkan
( simpan ampasnya untuk melicinkan cetakan )
1/2 sdt garam
1 btr telur
1/4 kelapa agak muda, diparut ( bila suka )
1 1/4 sdt baking powder

Oncom :

1 ptg oncom ukuran 10 x 10 cm, cincang kasar
2 siung bawang putih, cincang halus
2 bh bawang merah, cincang halus
1 buku jari kencur, cincang halus
1 btg daun bawang, iris tipis
3 bh cabe merah keriting, iris
4 bh cabe rawit, iris
garam secukupnya
1/4 sdt gula pasir
1 sdm minyak untuk menumis


Cara Membuatnya :

Tumis Oncom :
Panaskan minyak dalam wajan
Tumis cincangan bawang merah, bawang putih dan kencur sampai harum
Tambahkan irisan daun bawang dan cabe, aduk rata, masukkan oncomnya, garam dan gula, aduk rata
Beri sedikit air kurleb 25 cc supaya adonan tidak melekat di wajan, aduk terus sampai agak mengering
Angkat dan sisihkan

Serabi :
Setelah santan mendidih, sisihkan, dan biarkan sampai hangat
Campur kedua macam tepung, garam dan telur, kocok dengan kecepatan rendah,
Tuangkan santannya sedikit demi sedikit, kocok terus sampai kurleb 20 menit
Sisihkan dan diamkan selama 30 menit
( sementara itu panaskan cetakan serabi, sangan ampas kelapa sampai berminyak, buang ampasnya dan bersihkan cetakan dengan serbet bersih )
Masukkan baking powder dalam adonan tepung, aduk rata, diamkan lagi 10 menit
Panaskan kembali cetakan diatas api kurleb 5 menit
Tuang 1 sendok sayur adonan kedalam cetakan, tunggu sampai timbul gelembung2 kecil dan bersarang
Setelah adonan 3/4 kering, bubuhkan 1 sdm tumisan oncom, tekan2 sedikit, dan tutup sampai matang
Untuk proses dari mulai menuangkan adonan sampai matang dibutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk serabi yang berdiameter 6 cm ( untuk menyelesaikan semua adonan, muka dan badanku juga serasa mateng kepanasan he he heee...)
Angkat serabi dengan menyisipkan sodet kecil atau pisau berujung bulat dibagian dasarnya
Segera santap selagi masih hangat... hmmmmmm

Untuk lengkapnya silahkan liat di blog aku

Dilaporkan oleh Lisa Basuki
http://alleykitchen.blogspot.com

Enjoy...

Kripik Bayam

Ikut meramaikan IFW, tapi saya tidak tahu ini termasuk makanan/camilan daerah mana, maka jadilah saya mengirimkan resep kripik bayam, keinginan membuat keripik bayam ini berawal dari putri saya yang lebih suka makan krupuk ketimbang sayur, maka dibuatlah makanan atau camilan yang kriuk-kriuk dengan harapan agar putri saya suka makan keripik ini yang ada sayuran nya, Alhamdulillah…setelah dibuat ternyata dia suka, berikut resepnya,

 

KRIPIK BAYAM

 

Bahan:

 

2 ikat bayam, dipilih yang berdaun lebar

10 sdm tepung beras

2 sdm tepung kanji

Air secukupnya atau kurang lebih 500 ml

Garam secukupnya

Minyak untuk mengoreng secukupnya

 

Bumbu dihaluskan:

 

5 butir kemiri

4 butir bawang putih

1 sdm ketumbar disangrai sebentar saja

1 ruas kencur (optional)

Jika ingin aroma daun jeruk, bisa dipakai irisan daun jeruk yg dibuang tengahnya kira-kira 5 lembar

 

Cara membuat:

  1. Campur tepung beras, tepung kanji & bahan yang dihaluskan.
  2. Beri air sedikit demi sedikit sampai agak encer
  3. Celup daun bayam ke dalam adonan tersebut
  4. Goreng dengan panas sedang sampai kekuning-kuningan, kering & garing.
Dilaporkan oleh anne
anne_nsy@yahoo.com

Enjoy...

Pecel Bongko


Ini laporan ke-12 ya...
Pecel ini pecel sayuran biasa tapi ada pelengkapnya yaitu bongko dan bacem tahu. Makanan ini ngetop di kampungku untuk sarapan. Dulu suka ada embah-embah yang jualanya muterin kampung pake bakul plus mbawa tampah. Kampungku itu di daerah Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah sana. Bongko itu adalah kacang tolo/ kacang tunggak yang dihaluskan, dibumbui, dibungkus daun, dan kukus. Ini salah satu makanan kesukaanku. Di Jakarta sini belum nemu yang jual makanya saya bikin sendiri.
Resep ku  (gak pake ukuran hehehe...) :
Bahan pecel :
daun kacang (lembayung)
daun singkong
daun keningkir
(pokoke daun2 hijau yang bisamakan,degh)
kacang panjang
toge
Bahan sambel pecel :
kacang tanah, sangrai lalu haluskan
cabe rawit merah
bawang putih
terasi, bakar
kencur, bakar
asam jawa
gula jawa
air jeruk limau
air
Tahu bacem
bahan :
tahu putih/goreng
santan
daun salam
lengkuas, keprek
minyak untuk menumis
Bumbu halus:
bawang merah
bawang putih
kemiri
ketumbar
garam
gula jawa
gula pasir
kaldu bubuk/blok
Bongko:
kacang tolo, rendam lalu tumbuk kasar
daun salam
daun pisang 
lidi untuk menyemat
Bumbu halus:
bawang merah
bawang putih
kemiri
garam
gula
kaldu bubuk/blok
Cara membuat :
1. Pecelan : rebus ssatu-satus emua bahan pecel. Toge cukup diseduh saja. Cuci tiriskan
2.Sambel : haluskan cabe, bawang puting, terasi, kencur. Tambahkan garam.
3. Masukkan kacang tanah yang telah dihaluskan. Aduk sampai bumbu tercampur. Masukkan asam, gula jawa, dan terakhir air jeruk. aduk-aduk sampai rata dan padat. lau cairkan dengan air . 
4. Tahu bacem : Tumis bumbu halus, masukkan salam dan lengkuas. Tambahkan santan dan tahu, garam, dan gula. Masak sampai tahu matang dan kuah agak kering.
5. Bongko : campur bumbu halus dan kacang tumbuk. siapkan selembar daun pisang. Letakkan selembar daun salam lalu letakkan adonan di atas daun salam. Bungkus dans emat dengan lidi
6. Kukus sampai matang
7. Letakkan satu bungkus bongko di atas piring saji, letakkan di atasnya sayuran lalu siram dengans ambel pecel. Tambahkan tahu bacem. sajikan

dilaporkan oleh Hastuti
www.ghandokkoe.blogsome.com

Enjoy...

Minggu, 26 April 2009

Pisang Goreng Wijen


Ini laporan ke-11. Mumpung hari terakhir melaporkan semua hasil karya dalam kurun waktu diselenggarakan IFW-NCC (5 maret-27 april)

semoga saja bermanfaat dan bisa melestarikan resep masakan Indonesia coz saya penggemar masakan Indonesia yang spicyyyyyy....
atas permintaan keponakkanku yang memang doyan ngemil. Aku liat di SEDAP PEMULA ada resep pisang goreng wijen. Tapi di resep tersebut pisangnya dipotong kotak-kotak trus diaduk ma terigu jadi kayak bikin bakwan. Wah, kelamaan, mendingan digoreng utuhan ajah pisangnyah dan gak pake nangka (sekarang gak musim nangka). Cepet jadi dan makannyapun juga cepet. Ini yang kuposting resep asli dari SEDAP PEMULA
Bahan :
5 buah pisang kepok, potong kotak kecil
5 buah nangka, potong kotak kecil
5 sdm wijen, sangrai
120 gr terigu proteins edang
60 gr tepung beras
1/4 sdt garam
1 1/2 sdt air kapur sirih
3 sdm gula merah iris
225 ml air
minyak untuk menggoreng
Cara Membuat :
1. Aduk rata terigu dan tepung beras, dan garam.
2. Tambahkan air kapur sirih dan gula merah
3. Tuang air sambil diaduk perlahan
4. Masukkan pisang dan nangka
5. Tambahkan wijen. Aduk rata.
6. Sendokkan ke dalam minyak panas. Goreng hingga kecoklatan.


Dilaporkan oleh Hastuti
http://ghandokkoe.blogsome.com/

Tempe Penyet


Laporan Ke-10
Pagi ini, hubby minta dibikinkan tempe penyet,nyari di SEDAP gak nemu, nyari di Inet bumbunya gak cocok karena sambelnya pake cabe mentah (saya gak suka makanan mentah) . Akhirnya aku pake resep tempe penyet ala diriku sendiri dan sedikit-sedikit aku inget resep di sedap bahwa tempe penyet itu menggunakan kencur dan petis coz ini masakan Jawa Timur (suamiku dari Jatim)

Ini Resepku :
300 gr tempe, potong tipis (hubbyku suka tempe yang diiris tipis jadi ketika digoreng akan mateng luar dalem)
garam secukupnya
1 sdt ketumbar
air
minyak untuk menggoreng
Bahan Sambal :
40 gr cabe merah keriting
5 cabe rawit merah
3 bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm kencur
sedikit petis (kira2 1/8 sdt)
1 sdt terasi, bakar
1 sdt gula jawa
garam secukupnya
minyak untuk menumis
Pelengkap :
timun, iris tipis
kemangi, petiki
kerupuk
Cara membuat :
1. Campur garam, ketumbar, dan air. Masukkan tempe, rendam beberapa saat sampai bumbu meresap. Lalu goreng hingga matang
2. Sambal : Goreng dengan sedikit minyak seluruh bahan sambal kecuali garam,terasi dan gula merah.
3. Haluskan dengan ulekkan. Lalu letakkan tempe di atas sambal, penyet-penyet.
4. Sajikan dengan pelengkap
Dilaporkan oleh Hastuti
Enjoy...

Tempe Kemul


Laporan ke-9 ya,bu...
Olahan tempe kesukaan keluarga saya, dimakan ketika masih anget-anget jadi gak mlempes. Saya suka aroma bawang dan ketumbarnya apalagi ketumbar butiran yang diuleg. Tapi kali ini aku pake ketukmbar bubuk, kurang berasa padahal sayah sudah beli ketumbar bubuk yang bukan abal-abal karena harganyah relatip mahal. Sudah gituh kalo gorengan pake ketumbar bubuk jadi gak cerah, jadi tempenya seperti kotor.
Resep dikutip dari NCC.
Bahan:
1 lonjor tempe, iris tipis.
Minyak goreng secukupnya.
Bahan tepung:
250 gr tepung terigu
2 sdm tepung beras
3 bh bawang putih
2 sdm ketumbar
3 bh kemiri
1 sdt garam
1 ruas kunyit
1 bh kaldu blok bila suka
1 sdm daun kucai iris kecil
Air secukupnya.
Cara membuatnya:
Haluskan bawang putih, ketumbar, kemiri, garam, dan kunyit, campurkan dengan tepung terigu, tepung beras dan kaldu blok. Beri air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan celup. Masukkan daun kucai, aduk rata. Panaskan minyak goring. Celupkan tempe pada adonan tepung, langsung goreng. Biarkan hingga warnanya kuning keemasan. Angkat. Sajikan bersama cabe rawit hijau.
Dilaporkan oleh Hastuti

Timlo Solo


TIMLO SOLO
Bahan:
4 buah sosis solo
4 pasang hati ampela ayam
350 ml air
2 siung bawang putih, haluskan
½ sdt garam
½ sdt merica bubuk
1 cm jahe, memarkan
2 lembar daun jeruk, buang tulangnya
Kuah:
1.500 ml air
1 buah paha ayam atas bawah
2 siung bawang putih, iris tipis
3 butir bawang merah, iris tipis
1 batang daun bawang, potong 1 cm
2 sdt garam
½ sdt merica bubuk
2 sdt kecap asin
1 sdm minyak untuk menumis
Pelengkap:
2 butir telur pindang
2 sdm bawang merah goreng, untuk taburan
Sambal kecap [10 buah cabai rawit merah, haluskan + 50 ml kecap Manis]

Cara Membuat:
Rebus hati ampela, air, bawang putih, garam, merica bubuk, jahe, dan daun jeruk sampai matang, angkat. Tiriskan. Potong-potong.
Kuah: Rebus ayam & air sampai empuk. Angkat. Potong-potong, rebus kembali.Panaskan minyak. Tumis bawang putih & bawang merah sampai harum. Tuang ke rebusan.Masukkan garam & merica bubuk. Masak sampai matang. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
Penyajian: tata hati ampela, sosis solo, dan potongan telur pindang. Siram dengan kuah. Taburi dengan bawang merah goreng.
Sumber: 80 Warisan Kuliner Nusantara
Dilaporkan oleh deetha
Enjoy...

Nasi Gandul Pati


Sego Gandul or Nasi Gandul, literally means hanging rice...but do not expect that you will find the way it means by words. It is a traditional meal from Pati, Central Java. Somebody told me that because it is served with a piece of banana leaf lining the plate, it does not touch the plate, that's why they call it "Gandul", whereas "sego/nasi" means rice.I was born in Pati, but I confess I had never made this meal before until the other day when I saw Titi and Ayin made and posted it on their blogs.A year ago, my sister sent me the recipe through email and last week I went through my old inbox to find that particular message with the recipe in it, and I was happy to find it was still there. My sis got the recipe from a lady that lives in Pati, so I trust it is a genuine recipe.

Ingredients:
- 800gr of beef meat with a little fat (I do not like it too much fat)
- 4cloves of small red onion
- 8cloves of garlic
- 5 candle nuts
- 4cm of ginger
- 1tsp of shrimp paste
- 2tsp of ground coriander
- 1tsp of ground white pepper
- 1tsp of ground cummin
- 1tsp of ground kencur
- 4cm of galangal
- 4 lime leaves
- 1 cinnamon stick
- 10 of blanched chili paddy
- salt
- sweet soy sauce
- 1Tbsp of palm sugar
- 1/2 can of coconut milk
- oil for saute
Side dish:
- fried onion
- fried tempeh
- shrimp crackers (I did not serve it this time)

Directions:
Boil the beef with water until tender, keep the broth a side for later use, and cut the beef into small cubes. Crush onion, garlic, candle nuts, ginger and shrimp paste in a blender until smooth. Saute it with a little bit of oil for 2minutes. Add coriander, pepper, cummin, kencur, galangal and lime leaves and stir it well. Add the meat and stir it. Add blanched chili, cinnamon stick, salt, sweet soy sauce, broth and palm sugar. Cook and stir until boiling. Continue to cook for another 10-15min, until all the seasoning immersed. Discard the cinnamon stick and then add coconut milk. Cook until boiling again and turn off the stove.To serve, line a plate with a piece of banana leaf. Place a scoop of warm steam rice and then pour Gandul over. Sprinkle some fried onion and add some fried tempeh at side. Originally instead of spoon, they used "suru"-a small long piece of banana leaf to eat (see the first picture).


Dilaporkan oleh Lidia Ratnawati
Enjoy...

Pepes Telur Asin


Ikutan IFW yah, menunya Pepes Telur Asin.

Bahan:
5 butir Telur Asin Mentah
5 lembar Daun Salam
Lengkuas (potong tipis 5 bagian)
Serai (potong 5 bagian putihnya)
Daun Kemangi
Daun Pisang untuk membungkus
Cabe rawit merah
3 sdm santan kara encerkan dengan 50cc air

Bumbu: (haluskan)
8 butir bawang merah
5 butir bawang putih
2 butir kemiri
1 ruas kunyit
Garam (sedikit aja karena telur dah asin)

Cara Membuat:
Tumis bumbu halus dg 1 sdm minyak goreng, masukkan larutan santan, dinginkan.
Siapkan daun pisang, susun lengkuas, serai, daun salam, pecahkan telur asin, tuang 2sdm bumbu tumis, cabe rawit merah, terakhir tutup dengan daun kemangi, semat dengan lidi.
Kukus hingga matang.
Bakar sebentar di atas bara api, untuk menghasilkan aroma harum.
Dilaporkan oleh arsita paramita
Enjoy...

Tim Ikan Asin Pedak Jagung Manis


Mau lapor dari kemarin tapi kok belum kesampaian,Masih ada waktu kan yah....Aku buat ikan asin pedak yang di tim bersama jagung buat IFW tapi asal daerahnya saya ragu mungkin dari jawa tengah ya atau jawa barat.... Masakan ini biasanya ibuku yang buat, rasanya buatku sih enak tak terlalu asin, pedas, dan aku suka ada jagungnya plus st..st...st...petaiiii. Kalau di rumah makan ini plus nasi panas....nasinya cepat habis biasanya :) .Oh ya di bawah ini resepnya ya...
Tim Ikan Asin Pedak Jagung Manis
Bahan :
3 ekor ikan asin pedak (saya pakai pedak putih)
2 buah jagung manis atau jagung biasa yang tidak terlalu tua
3 buah cabai merah besar (tergantung selera)
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1-2 buah tomat hijau (warna merah jika tidak ada)
10 buah biji petai
1/2 sdt garam atau sesuai selera (meskipun sudah pakai ikan asin tetap lebih enak ditambah garam sedikit)
2 sdm minyak sayur
2 lembar salam
2 cm laos
1/2 sdt bubuk kaldu sapi/ayam
1/4 gelas air
Cara membuat :
Sediakan mangkuk untuk mengetim biasa saya menggunakan mangkuk stainles steel atau keramik. Pakai mangkuk karena air jagung akan keluar banyak jadi jangan gunakan piring.Cuci ikan asin pedak dengan air (diguyur saja). Pipilkan/potong biji jagung hingga bersih dari bonggolnya menggunakan pisau.Cabai dipotong serong. Iris tipis bawang putih dan merah.Potong tomat bentuk dadu atau iris bulat melintang.Petai diiris memanjang.Campurkan jagung, petai, cabai, tomat, bawang merah dan putih, bubuk kaldu, garam dalam mangkuk.Taruh 1/3 campuran bahan tersebut kedalam mangkuk untuk mengetim. Beri laos dan daun salam.Letakkan ikan asin pedak di atasnya. Kemudian tuang sisa campuran bahan tadi di atas ikan asin pedak.
Tuangkan minyak sayur dan air.Kukus hingga bahan bahan matang dari waktu air mendidih kurang lebih 10 - 15 menit.
Selamat mencoba.
Dilaporkan oleh uchiet
Enjoy...

Kue Srikaya


Mendekati detik-detik terakhir penutupan IFW, Okma mau nyetor kue Srikaya. Ini kue manis banget rasanya, biasalah kalo kue dari Palembang kan pada manis - manis...trus buat nya mudah banget. Sebenarnya nich kue dibuat langsung dicetakan mangkuk plastik yang kecil2 itu trus makannya bareng sama ketan...ehm enak banget...tapi berhubung lagi engga ada mangkuknya jadinya dibuat di loyang yah kalo kata orang engga ada akar rotan pun jadi...pokoke ikut memeriahkan IIFW NCC...berikut resepnya
SRIKAYA
Bahan :
10 butir telur
500 gr gula pasir
4 gelas santan kental
1 gelas air daun suji dan pandan
1 sdt vanili
3 sdm tepung terigu
Pelengkap :
Ketan putih
Cara Membuat :
1. Kocok lepas telur, gula pasir, dan vanili dikocok hanya sampai gula pasirnya larut
2. Campur sampai rata santan dan air daun suji + pandan
3. Masukkan campuran santan ke dalam kocokan telur. Aduk hingga rata, kemudian masukkan tepung terigu hingga rata.
4. Cetak adonan tadi ke dalam cetakan dan kukus hingga matang
5. Siap dihidangkan, pelengkapnya pake ketan.
Dilaporkan oleh okma riana
Enjoy...

Telur Petis

Saya pingin ikutan laporan aahh....
Ini masakan yang selalu ada kalau lebaran di keluarga saya yang berasal dari Bondowoso (kota di jawa timur yang mayoritas penduduknya berbahasa madura).
Menurut saya masakan ini khas jawa timur karena pakai petis ikan yang banyak tersedia di daerah yang banyak orang maduranya

Laporan IFWN ya...

Telur Petis / Petisola

Bahan :
4 butir telur rebus
tahu putih / tahu kuning sesukanya
5 siung bawang merah, dirajang halus
3 siung bawang putih, dirajang halus
8 cm kunyit
8 cm jahe
5 cm lengkuas
15 cm temu kunci
3 batang sereh
2 sdm petis ikan
1 sdm petis udang
2 gelas santan cair
1 gelas santan kental
garam dan gula secukupnya
3 lembar daun jeruk
cabai rawit merah sesuka hati.

Cara membuat :
Iris dan cacah halus bumbu dapur (kunyit, jahe, lengkuas, temu kunci dan batang sereh).
Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, lalu masukkan bumbu dapur yang telah di cacah dan daun jeruk.
bila bumbu telah harum masukkan santan encer, garam dan gula tunggu sampai agak panas tapi belum mendidih, masukkan telur rebus dan tahu juga petis. Aduk terus sampai mendidih supaya santan tidak pecah.
Masukkan santan kental sambil diaduk terus, kecilkan api. tunggu sampai kuah mengental. Masukkan cabe rawit sebelum api dimatikan.
siap deh untuk dicoba....
Dilaporkan oleh Klara
Enjoy...

Bongko Mento dari Surabaya


Aku mau laporan IFWN ya....
Bongko Mento
Resep: Mama di Surabaya
Bahan Isi:
250gram daging sapi cincang
3batang daun bawang merah (daun brambang) - iris
1siung bawang bombay - iris
Bumbu Halus:
3siung bw putih
5siung bw merah
Garam
Gula pasir
Lada
Jinten
Ketumbar
2butir kemiri
3lbr daun jeruk
Laos
Cara Membuat
Isian:
- Tumis bawang bombay dan daun brambang smp wangi, masukkan bumbu halus, tumis sampai bumbu agak kering.
- Masukkan daging cincang, aduk2 smp bumbu meresap ke dalam daging, kecilkan api
- masak smp agak kering.
- Koreksi rasanya dg menambahkan garam/gula. Angkat. Sisihkan.
Bahan Kulit:
100gram tepung beras
2butir telur
Garam
200ml air
Cara membuat kulit:
- Campur tep beras + telur + garam. Aduk2 dg whisker. Masukkan air sambil terus diaduk dg whisk sampai rata.
- Panaskan wajan crepe, olesi mentega/carlo.
- Tuang 1 sendok sayur adonan kulit, bikin dadar tipis. Sisihkan
- siap untuk diisi.
Bahan areh:
Aduk rata100ml santan instant (mis: Kara, dll)Garam5sdm air
Penyelesaian:
- Ambil selembar adonan kulit, isi dg 1sdm bahan isian. Lipat bentuk amplop seperti resoles/lumpia. Kerjakan smp smua bahan habis.
- Ambil selembar daun pisang. Taruh 1 pcs ditengah, kemudian siram dg 2sdm bahan areh. Bungkus bentuk tum (gado2/bothok). Kerjakan smp semua habis dibungkus.
- Kukus selama 20menit/smp matang.
- Sajikan hangat.
Untuk 12pcs.
Selamat mencoba.

Dilaporkan oleh WidyaHidayat
www.widyahidayat.blogspot.com

Enjoy...

Serabi Betawi


serabi … serabi ….
sapa yang mauu …
saya buat dalam rangka IFW,
resep dari blog mba’ Riana (http://pennylanekitchen.blogsome.com/) *mba’ saya izin ya*,
cetakannya saya pakai cetakan kue apem,
lumayann untuk menghibur kerinduan akan serabi.


Serabi

Source: Kue-Kue Indonesia by Yasa Boga
Ingredients:
250 gr rice flour
150 gr grated coconut from half of rather young coconut
1/2 tsp salt
600 ml light coconut milk
1-2 candle nuts, finely ground until it exctracts its natural oil, to grease the wok
Coconut Milk Sauce:
500 ml coconut milk from 1 coconut
200 gr coconut sugar
1/4 tsp salt
2 sheets pandan leaves, tear, tie up in one knot
Instruction:
Mix together rice flour, grated coconut and salt with your bare hand, while pouring the coconut milk a little at a time, until all blended well. Beat the batter with your palm for about 10 to 15 minutes until the batter feels light and soft.
Preheat the clay wok until very hot. Wrap the grounded candle nuts with a sheet of thin cloth, like muslin, and use it to grease the wok.
Spoon 3-4 Tbsp of batter into the wok. Cook uncovered until it bubbles up and holes are formed on the surface. Cover the wok, continue cooking until done. Take out the cooked Serabi from wok. Serve with coconut milk sauce.
Coconut milk sauce:Boil together coconut milk, coconut sugar, salt and pandan leaves while stirring it continuosly to prevent separation. When it reaches boiling point, turn off the heat and let it cool. Serve over anything!
Dilaporkan oleh Vie
Enjoy...

Gulai Udang Nanas dari Bangka


Ikutan ya mau setor.Ini salah satu masakan favorit ayahnya anak-anak.
Judul masakannya GULAI UDANG NANAS dari Bangka.
Buatnya guampang banget.
Bahan:
1/4 kg udang ukuran sedang, bersihkan kepala dan ekornya
1 buah nanas1 sdm terasi (jangan munjung2 ya)
6 cabe merah keriting
3 ruas jari kunyit
1 sdt gula pasir
garam secukupya
bumbu kaldu secukupnya
750 ml air
Cara:
1. Uleg cabe merah + terasi + kunyit + garam
2. Masukkan ke dalam panci berisi air, masak hingga setengah mendidih
3. Masukkan udang dan nanas.
4. Masukkan gula pasir dan bumbu kaldu
5. Masak hingga mendidih
Dilaporkan oleh Elvy
Enjoy...

Nasi Lengko Cirebon


saya anggota pasif, mau ikutan setor untuk ikuan IFW yaa ..Walau saya bukan orang cirebon, tapi saya terkesan dan penyuka masakan ini. Awalnya saat saya mengunjungi suami yang sedang dinas di kota Cirebon, lalu saya di rekomendasikan untuk mencoba nasi lengko cirebon, sekali coba ternyata bikin jatuh hati loh rasa segar sekali nggak bikin eneg, bikinnya pun mudah sekali
Berikut resep nasi lengkonya :
Nasi Lengkong Cirebon
Bahan:
100 gr Taoge panjang
2 buah Timun ukuran sedang
100 gr Daun Kucai
1 papan tempe
4 tahu putih
20 Siung Bawang Merah
10 Butir Bawang Putih
250 gr Kacang Tanah, disangrai
15 butir cabe rawit hijau (jika ingin lebih pedas, bisa ditambahkan sesuai selera)
1 sdm garam
25 gr Gula Merah
Air matang
Kecap Manis
Cara membuat :
Taoge di cuci bersih, tiriskan letakan di piring sayur
Timun di cuci bersih, potong kecil kecil , letakkan di piring sayur
Daun Kucai di cuci bersih, potong kecil kecil
Tempe di potong kotak kotak kecil, goreng, letakkan di piring sayur
Tahu di potong kotak-kotak kecil, goreng, letakkan dipiring sayur
Bawang Merah kupas dan iris, goreng menjadi bawang goreng, letakkan di toples kecil
Bawang Putih di kupas dan di iris tipis, goreng menjadi bawang putih goreng, letakkan di toples kecil
Untuk Bumbu Kacang
Kacang tanah yang sudah di sangrai di ulek hingga halus bersama cabe rawit, garam dan gula merah lalu tambahkan air hingga kental padat.
Penyajian.
Siapkan sepiring nasi
Letakan di atas nasi, taoge, timun, tempe, tahu, bawang goreng, bawang putih goreng, daun kucai.Ambil bumbu kacang 2 sdm yang kental padat, lalu encerkan dengan air secukupnya.Siram ke atas nasi yang telah di beri pelengkap. Beri kecap manis. Sajikan.
Dilaporkan oleh Ambar
Enjoy...

Bolu kukus ketan hitam


Bolu ketan hitam yang berbahan dasar beras ketan hitam yang sudah dihaluskan seperti tepung memang punya cita rasa yang khas. Dari mulai warna juga tekstur tepungnya. Jika tepung ini dibuat kue, rasa kue atau bolunya nya juga menjadi sangat khas. Agak berpasir tapi legit.
Bolu Ketan Hitam
Bahan :
300 gr tepung ketan hitam
350 gr gula pasir
250 cc minyak goreng
200 cc santan
8 butir telur
vanila secukupnya
mentega untuk mengoles loyang
Cara Membuat :
1. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang, masukan minyak goreng, santan dan vanilla, aduk sampai rata.
2. Kurangi kecepatan mixer, masukan tepung ketan hitam sedikit demi sedikit. Kocok sampai rata.
3. Masukan adonan kedalam loyang yang telah diolesi mentega. Setelah air dalam dandang mendidih masukan loyang beradonan. Kukus selama 35-45 menit.
4. Alasi tutup dandang dengan kain agar uap air tidak jatuh kedalam bolu.

Dilaporkan oleh Elsye
Enjoy...

Lapis Tepung Terigu

Laporan ke-8 ya,Bu.
Sayah gak tau aslinyah makanan ini dari daerah mana tapi yang pasti ini kue tradisional Indonesia. Ternyatah gak setricky kalo bikin lapis beras tapi tetep butuh kesabaran untuk lapis melapis hehhe..
Resep diambil dari majalah sedap pemula

Bahan :
400 gr terigu protein sedang
200 gr tepung sagu
300 gr gula pasir
3/4 sdt garam
1.500 ml santan dari 1butir kelapa
2 telur, kocok rata
1/2 sdm coklat pasta
Cara Membuat :
1. Campur terigu, sagu, dan gula pasir, dan garam. Buat lubang di bagian tengahnya.
2. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai gula larut. Tambahkan telur. aduk rata.
3. ambil adonan 1/3 bagian,tambahkan coklat pasta. aduk rata. Sisanya biarkan putih/
4. Oles loyang dengan 18x18x7 dengan minyak goreng dan alasi dengan plastik
5. Masukkan loyang ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan. Tuang 2 sdk sayur adonan putih ke loyang. Kukus 10 menit dengan api sedang (sayah palingan cuman 5 menit, inih kueh cepet padet gak kayak lapis beras)
6. Tambahkan satu sendok sayur adonan coklat. Kukus 5 menit. Ulangi sampe adonan habis.setelah lapisan terakhir kukus 30 menit sampai matang. Dinginkan. Potong-potong
Dilaporkan oleh Hastuti
Enjoy...

Tahu thek dan Sayur asem Suroboyo

Ikutan memeriahkan eventnya NCC, kali ini tentang makanan Indonesia.Bikin yang gampang dan paling sering kubikin, tahu petis atau bisa juga disebut sebagai tahu thek, Ala Suroboyo
Tahu Thek ini di Surabaya terkenal sekali, entah itu asalnya Lamongan atau Surabaya yang jelas hampir setiap hari makanan ini dijajakan di depan rumah.
Bahan :
2 buah tahu, iris kotak2, goreng setengah matang
2 buah kentang, iris kotak, goreng setengah matang
50 gram tempe, iris kotak, goreng setengah matang ( gak pake, lagi gak ada stok...)
75 gram tauge, celup ke air mendidih
1 batang daun seledri, iris kecil
23 telur ceplok (Berhubung anak2 pada gak suka telur ceplok, kuganti dengan telur rebus)
2 sdm bawang merah goreng, buat taburan
Krupuk udang ukuran kecil, secukupnya
Sambal :
7 buah cabe merah
3 sdm petis
75 gram kacang tanah goreng
1 siung bawang putih
1 sdm ebi
gula merah iris,
garam dan air secukupnya
Haluskan cabe, kacang tanah, ebi. Bila semua seudah halus masukkan petis, garam, gula merah dan campur. Tambahkan air secukupnya.
Penyajiannya :Semua bahan yang sudah masak ditata rapi diatas piring, termasuk kerupuk.Taburi dengan daun seledri dan bawang goreng.Siram dengan sambalnya
Siap untuk dihidangkan.
Sayur Asem Suroboyo
Kebetulan cuaca disini sudah mulai hangat, jadi sudah bisa maem yang seger2 lagi. Sebenarnya sudah lama banget bikin sayur asem ini, tapi apa daya bahan2 juga tak cukup tersedia disini, untuk mendapatkan sayurpun tergantung musim, jadi ya mesthi sabar. Sayur asem suroboyo ini rasanya sedikit beda dengan sayur asem yang lain, seger, kecut (dari belimbing wuluh), manis. Enaknya dimakan pas udara panas, jadi semakin seger.

Sayur Asem Suroboyo
Resep dan bahan menyesuaikan keadaan, by dapur safa
Bahan :
Seikat kangkung (seikat kangkung berisi 10 - 12 batang), potong, cuci bersih
Seikat kacang panjang (seikat berisi 8 - 10 batang), potong sepanjang 2.5 cm
2 buah jagung manis, cuci bersih, potong sesuai selera
1 bungkus capar(tauge yang berasal dari biji kedelai)/tauge besar
3 biji belimbing wuluh ( disini gak ada, diganti dengan asam jawa)
Laos 2 cm, di keprek
3 siung bawang putih, iris tipis
1/2 bawang bombai, iris tipis
Garam dan gula pasir secukupnyaAir secukupnya (kurleb 1 liter)
Cara :Rebus air, setelah mendidih, masukkan bumbu, lalu jagung manis. Setelah jagung empuk masukkan kacang panjang, capar kemudian kangkung.Kalau bisa usahakan sayur tidak terlalu masak, masih kriuk2 gitu lebih enak.Hidangkan saat sayur sudah dingin, karena akan terasa segar.Bisa juga ditambahkan dengan krai (sejenis mentimun) atau mentimun diiris setengah lingkaran(disini tidak ada krai).
Dilaporkan oleh Anisa
Enjoy...

Sabtu, 25 April 2009

Asam padeh Patindari Sum Bar

Semoga belum telat ya ... asam padeh diphoto ini udah dimasak minggu lalu tapi baru sempat online hari ini. Pada dasarnya asam padeh itu bisa dari berbagai macam lauk, yang paling umum ikan tongkol, karena lidah kami agak bosan bila dimasak pake tongkol melulu jadi bermacam2 asam padeh, bisa dari ayam, sengkel, daging utuh, ikan patin

Asam Padeh Patin

Bahan
2 ekor ikan patin ukuran sedang, bersihkan hingga hilang bau lumpurnya, kemudian dipotong2
2 batang sereh, memarkan
6 lembar daun jeruk
½ lembar daun kunyit
Segenggam daun ruku2
Lengkuas seukuran 2 ruas jari memarkan
6 buah belimbing wuluh potong ujung2 atas bawah atau 3 buah asam kandis
Air 700 cc

Bumbu Halus
200 gr cabe kriting [saya masukkan 5 buah cabe rawit merah], haluskan
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
Jahe seukurang 1 ruas jari
Kunyit secukupnya
Garam secukunya.

Cara pembuatan
Masukkan bumbu dan air dalam panci, jerang dengan api kecil setelah mendidih masukkan ikan dan daun2an kedalam panci [minus belimbing/asam kandis], setelah ikannya setengah matang baru masukkan belimbing wuluh/asam kandis, masak hingga matang

Dilaporkan oleh Nelsi

Pisang ijo


Laporan lagi boleh dong.... Lagi rajin nih.

Pisang Hijau
Bahan:
100 ml air daun suji
175 gr tepung beras
400 ml santan cair
75 ml minyak goreng
60 gr gula pasir
1/2 sdt garam
5 buah pisang tanduk/ 10 buah pisang raja, dikukus & dikupas
Daun pisang secukupnya

Saus:
75 gr gula pasir
30 gr tepung beras
1/2 sdt garam
500 ml santan sedang kentalnya

Cara membuat:
1. Campur jadi 1 tepung beras, santan cair, gula, garam & air daun suji. Masak dengan api sdg hingga mengental & matang. Dinginkan
2. Olesi daun pisang dgn minyak, stlh itu letakkan 3 sdm adonan & pipihkan. Letakkan pisang diatasnya & kemudian bentuk seperti pisang.
3. Kukus selama 10 menit.

Saus:
Campur jadi 1 semua bahan saus, kemudian panaskan di atas api hingga mengental & masak.

Penyajian:
Taruh pisang yang sdh matang di atas piring saji & siram dgn saus kemudian lumuri dgn sirup THT/ sirup coco pandan (jika suka).
Dilaporkan oleh Posmaida
Enjoy...

Coto Makassar


Berhubung lagi kepengen, bikin deh sekalian laporan untuk IFW. Resepnya sendiri nyontek dari blog-nya tetangga. Lumayan... Ennnaaaaakkk

Coto Makassar

Bahan:
1/2 kg daging sapi bagian sengkel (yang empuk itu, bilang aja ama abang2 di pasar, pasti pada tau..)
1/2 kg paru (direbus)
1/2 kg hati sapi (rebus hingga empuk)
1/2 kg babat (rebus hingga empuk)
2 liter air cucian beras/tajin
5 batang serai, memarkan
5 lembar daun salam
250 gram kacang tanah, goreng, haluskan
3 sdm minyak goreng, untuk menumis
5 cm jahe, memarkan
1 ruas lengkuas, memarkan
________________________________________________

Bumbu yg dihaluskan:
10 siung bawang putih
10 Siung Bawang Merah
8 butir kemiri disangrai
1sdm ketumbar disangrai
1 sdt jintan disangrai
1 sdm garam
1 sdt merica butiran.
Pelengkap:
bawang goreng
irisan daun bawang
irisan seledri
____________________________________________
Sambal tauco:
- Haluskan 10 buah bawang merah, 5 siung bawang putih, 10 buah cabai keriting yang direbus sebentar.
- 100 gram tauco yang ditumis dengan 6 sdm minyak goreng hingga matang, tambah garam dan gula merah secukupnya. Campur sama bahan yang udah dihaluskan barusan.
_____________________________________________
Cara membuat:
1. Kalo pake babat atau hati, rebus terpisah hingga lunak, angkat, tiriskan, potong dadu.
2. Rebus daging sapi bersama air tajin, serai, lengkuas, jahe, dan daun salam. Setelah matang angkat, tiriskan, potong dadu.
3. Panasin minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan ke dalam kaldu,tambahkan kacang tanah goreng, didihkan.
4. Penyajian: Siapkan mangkuk, isi dengan daging dan ati dan babat dan juga paru yg dari toples tadi. Taburi bawang goreng (enaknya banyak2), irisan daun bawang dan seledri, sajikan dengan ketupat dan sambal taoco.
5. Sajikan hangat.
PS: Tambahin kecap, garam, dan jeruk nipis jika perlu
Dilaporkan oleh Posmaida
Enjoy...

Ikan Asam Padeh


ini resep gue yang ke empat untuk IFW. sekalian belajar masakan favonya hubby sama mama. sebenernya duluuuw udah pernah bikin, tapi berhubung ngga pernah dipraktekkin lagi jadi lupa deh.
Bumbu Halus:
15 cabe keriting merah
3 buah rawit merah
6 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 ruas ibu jari jahe
1/2 buah wortel, iris-iris
garam secukupnya
Bumbu Lain:
1/2 kg ikan tongkol, potong-potong sesuai selera, diberi asam garam, biarkan kurleb 15 menit.
2 ruas ibu jari lengkuas/laos
1 buah daun jeruk
1 buah daun kunyit
2 buah asam kandis/asam glugur/belimbing wuluh
400 cc air
Cara:
1. letakkan ikan di panci, beri bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan 400 cc air. tambahkan laos/lengkuas, daun jeruk, daun kunyit, masak sampai mendidih.
2. setelah mendidih, masukkan asam kandis/asam glugur/belimbing wuluh.
3. tunggu sampai bumbu meresap, aduk-aduk sebentar
4. matikan api, pindahkan ke wadah, siap dihidangkan.
tips:
* ikan tongkol bisa diganti dengan ikan tuna/tenggiri/ikan senangin/ikan gembung.
* kalau menggunakan daging, bumbu halus tambahkan 3 buah kemiri dan sesayat kunyit.
* asam padeh ini semakin bermalam semakin enak, karena bumbu makin meresap (max. 3 hari), jangan lupa tiap hari dipanaskan kembali.
* fungsi wortel untuk mngentalkan kuah dan membuat warna lebih bagus.
Dilaporkan oleh Anggita Novria
Enjoy...

Jumat, 24 April 2009

Ketupat Tahu Purworejo


Bolehkah saya berpartisipasi meramaikan IFW, berhubung hubby ingin makan kupat tahu, sekalian saya posting resepnya dan gambarnya. Maaf gambarnya kurang jelas, baru belajar upload gambar.

Ketupat Tahu Purworejo
Resep:
Ingrediences:
1 kotak tahu ukuran 15 x 7.5 x 5 , potong kecil2, goreng jangan sampai kering.
100 gram taoge direbus
1 batang lontong diam. 2 cm
Bumbu2 untuk sauce kacang:
1 siung bawang putih
1 sendok makan gula merah
1 sendok kacang tanah digoreng
1 sdm kecap manis
1/2 sdm cuka
Condiment:
1 batang celedri
1 sdm gorengan bawang merah
2 buah kerupuk udang
Cara membuat sauce kacang:
Blender kacang tanah goreng sampai halus sisihkan. Rebus gula merah dengan air sampai larut semua sisihkan. Gerus bawang putih setengah halus, masukkan gerusan kacang tanah dan tuang larutan gula merah aduk menjadi satu.
Penyajianya:
Tuang sauce kacang ke piring , diatas sauce beri ber-turut2: potongan lontang, gorengan tahu, taoge rebus, rajangan seledri, taburi gorengan bawang merah, siram cuka dan kecapi atasnya. Makannya dengan kerupuk


Dilaporkan oleh Elly Tjan
Enjoy...


Pindang Gurame dari Sumatra Barat


laporan ya...
ini pindang kesukaan my hubby,resepnya dari mertua ku, rasanya enakbgt, gurih, pedes dan jd makanan andalan klo ada acara keluarga,cobain deh, masaknya jg gampang, cocok buat yg males ngulek kyk aku,hehe...
Bahan :
1 kg Gurame di goreng garing, sisihkan.
kelapa 1 buah, daun jeruk, daun salam, tomat/asam kandis, sereh
Bahan tumis :
cabe ijo yg besar 20 bh, dibelah 4 (jumlah cabe sesuai selera yaa..)
bawang merah 10 siung, iris
bawang putih 4 siung, iris
jahe 1 ruas jari, digeprek
kunyit 1 ruas jari, digeprek
Bahan lain :
Daun salam 2 lbr
daun jeruk 2 lbr
Asam kandis 2 / tomat
sere 1 buah, digeprek
Tambahan :
Kalau suka & biar isinya tambah banyak, boleh ditambah tempe /kentang, dimasukkan bersama santan
Cara masak,
Tumis semua bumbu hingga harum, masukin sere yg digeprek, daun salam 2lb, daun jeruk 2 lb, asam kandis/tomat, santan, Tempe/kentang, masaksambil diaduk sesekali sampai santan agak mengental, lalu masukin ikan yg udah digoreng tadi, diaduk, jadi deh...
Dilaporkan oleh fitri
Enjoy...

Bubur Sumsum


Mau ikutan event yang di host ma temen sendiri nih..
Setelah kemaren bikin Bikang Ambon yang gatot alias bantet (sayang nggak sempet foto,udah BT duluan) sekarang bikin bubur sumsum.
sebelumnya seh bingung mau bikin apa, secara aku g jago dalam hal makanan tradisional, akhirnya setelah hunting resep dapet makanan tradisional yang gampang bikinnya.

Pas juga ma cuaca yang dingin-dingin gini (abis di sini tiap sore hujan terus)
ni resep nya aku ambil dari majalah koki edisi berapa aku lupa, bodohnya aku kok ya nggak kepikir ambil resep NCC
Bahan:
150 gr tepung beras
1/2 sdt garam (aku 1 sdt garam)
900 ml santan kental (aku 1000 ml santan sedang)
2 lbr daun pandan
Sirup gula merah/kinca:
125 gr gula merah serut
125 ml air
2 sdm gula pasir
1 lbr daun pandan

Cara membuat:
Sirup gula merah/kinca:
-Rebus semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Angkat, saring

Bubur:
-campur tepung beras dengan garam, tuang 300 ml (aku sekitar 500 ml,biar gampang ngaduknya) santan perlahan-lahan sambil diaduk hingga tepung beras larut.
-Sisihkan
-Masukkan daun pandan dalam sisa santan, masak di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih
-Tuangkan larutan tepung beras perlahan, aduk hingga kental dan matang, angkat
-Letakkan bubur dalam mangkuk, tuang sirup gula merah/kinca
Hmmm..... nikmat rasanya hujan-hujan makan bubur sumsum
Dilaporkan oleh mike

Enjoy...

Soto Padang

Ikutan berpartisipasi untuk event Indonesian Food Week yg diadakan milis NCC.Yuuk masak Soto Padang. Resep dari Ibuku yang asli dari Padang.
Wuuuih..belajar bikin soto Padang setelah rendang.Tidak bisa berkata2 begitu liat bumbu rempah yang digunakan..alamak banyak banget..tapi rasanya emang enak, walau proses pembuatannya ribet...Mulai dari bikin perkedel, daging digoreng sampe kering, goreng kerupuk, bikin bawang goreng, dll.
Bahan Soto (A) :
500 gram daging sapi bagian sengkel
250 gram tulang bisa diganti dengan dengkul sapi, hingga dihasilkan kuah soto Padang yang gurih.
Bumbu halus (B) :
2 sdt ketumbar
2 jumput jinten
6 bh bawang putihkira - kira 1 jempol kaki (apa yaah..bahasanya yg bagus..gk tahu aku) jahe
Kunyit..(optional, tidak pake juga gk pa2)
Garam secukupnya
Bumbu celup (C) :
2 btng sereh, dikeprak.
5 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
5 cm lengkuas (agak besar gk pa2), iris2, keprak.Kira sebesar jari telunjuk kayu manis (jgn banyak2)
1/4 buah pala
5 butir cengkeh
5 butir kapol
5 kelopak peka (1 bh peka kira2 ada 10 kelopak)
Bahan perkedel (D) :
1/2 kg kentang
Daun bawang iris halus
1 bh telur
2 sdm Bawang goreng
Bumbu halus (E) :
2 bh bawang putih
1 jumput lada
Pala sedikit
Garam secukupnya
Bahan Sambal :
20 bh cabe keriting
Garam secukupnya
Minyak untuk menumis
Bahan Pelengkap
Bawang goreng
Soun
Daun Seledri yg telah diiris halus
Kerupuk merah (ganti yg lain gk pa2)
Cara membuat:
Perkedel
1. Goreng kentang hingga matang, haluskan
2. Haluskan (E) campur dengan kentang yang sudah dihaluskan.
3. Tambahkan daun bawang yang diiris halus, bawang goreng, aduk rata.
4. Tambahkan telur, aduk rata.
5. Bentuk, bulat atau lonjong, terserah deh..
6. Panaskan minyak.
7. Kocok lepas telur
8. Celupkan perkedel yang sudah dibentuk ke dalam telur, goreng hingga matang (berubah warna menjadi kecoklatan), sisihkan.
Soto Padang.
1. Rebus air, masukan bahan (A) + (C)
2. Didihkan, hingga daging matang.
3. Setelah daging matang, angkat. Iris tipis2, goreng hingga garing
4. Haluskan bahan (D), tumis hingga harum dan matang.
5. Campur tumisan bumbu halus kedalam rebusan daging dan tulang, masak kaldu dengan api kecil hingga mendidih.
Sambal.
1. Haluskan cabe
2. Tumis cabe halus hingga harum dan matang.
3. Sisihkan.
Cara Penyajian
1. Soun, daging, perkedel taro didalam mangkuk.
2. Siram dengan kuah soto.
3. Tabur dengan bawang goreng, daun seledri
4. Tambahkan sambal dan kerupuk secukupnya.
5. Sajikan.
Enjoy...

Gulai Tepek Ikan dari Jambi


Akhirnya kesampaian jg utk ikutan Indonesian Food Week-nya NCC.Sebenarnya lumayan malu nich krn br pertama posting resepeh...*berani-beraninya* sekalian jg ikutan tampilin resep diIFWN,hehee.....
Disini aku coba buat GULAI TEPEK IKAN masakan khas drJambi (sering disebut asalnya Kota Jambi Sebrang). Masakan ini mirip2 sama pempek utk adonan tepek-nya cuma ditambah kuah Gulai, jd rasanya tambah "nendang" banget (duuh...ngeri aah.....FYI: program diet bs buyarr lho,hihiihi....,tp suerr dijamin mau nambah trs dech klu sdh icip-icip...),plus nanasnya yg bikin tambah dahsyat... Selamat mencobayaa... ;)
Resepnya nich :
Bahan Tepek Ikan:
500 gr ikan gabus giling (bisa ikan tenggiri,belido)
250 gr Tepung Sagu Tani (klu pake sagu biasa 200 gr aja )
3 buah Bawang Putih
Garam halus secukupnya
1,5 Ltr Air untuk merebus
Cara membuat Tepek Ikan :
- Haluskan bawang putih ditambah garam, sisihkan.
- Campur ikan gabus giling dan tepung sagu dan bawang putih yg sdh dihaluskan
- Uleni hingga adonan bisa di bentuk bulat memanjang (spt bentukpempek lenjer) [*sesuaikan dg ukuran panci utk merebus*]
- Rebuslah adonan Tepek tsb dlm air mendidih hingga masak, ataumengambang ke permukaan.
- Jika sdh agak dingin potong adonan tsb dg cara menyerong (sptmemotong wortel u capcay),menjadi beberapa bagian
Bahan Kuah Gulai :
6 btr kemiri
8 siung bawang merah
8 siung bawang putih
1 batang serai
1 ruas jari kunyit
2 ruas jari lengkuas
2 ruang jari jahe
15 buah Cabai merah
1/2 sdt Adas Manis
Garam,gula secukupnya
3 sdm Minyak u menumis
700 ml Santan Kental dr 1,5 Kelapa
1/2 buah Nanas ( potong-potong spt utk potongan rujak )
Cara membuat :
- Potong kecil-kecil lengkuas,kunyit,jahe,serai dan cabe merah
- Panaskan minyak utk menumis,masukan bawang merah,bawangputih,kemiri,dan potongan lengkuas,kunyit,serai,cabe merah.Setelah harum masukan Adas manis,lalu angkat dan haluskan semua bahan ygditumis tadi
- Masak santan,masukan bahan2 bumbu yg sdh dihaluskan,aduk pelan2 spysantan tdk pecah.
- Stlh santan mendidih,masukan potongan2 tepek ikan hingga sdkitsantal mengental
- Masukan potongan nanas,tambah garam & gula secukupnya sesuai dg selera.
- Angkat dan hidangkan Gulai Tepek Ikan,taburi dg irisan kecil2 daun kunyit
Biasanya Gulai Tepek Ikan ini disajikan bersama dengan Nasi Minyak.
Nach...bs kebayangkan gmn nikmatnya.......Pokoknyo iiinnnaaaakkk niiaaann.......
Selamat mencoba ;)
Dilaporkan oleh ika
Enjoy...

Lumpia Semarang


Laporan ke 7 nich...

mo laporan lagi,yah...Ini sudah bukan murni lumpia semarang karena menurut resep kan harus pake udang, rebung,dan toge tapi aku gak pake coz aku ganti pake wortel plus kawan-kawannya yaitu daon bawang dan seledri. Tapi pan base resepnyah adalah resep lumpia semarang jadi ya namain ajah lumpia semarang hehehe....
Resep dari Buku SEDAP
Bahan :
10 lbr kulit lumpia

Bahan Isi :
100 gr ayam, cincang kasar
100 gr udang, cincang kasar
100 gr rebung, iris korek api
100 gr toge
1 butir telur, kocok lepas
2 siung bawang putih, cincang halus
2 bawang merah, cincang halus
2 sdt ebi, seduh, sangrai, haluskan
3 sdt kecap manis
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
100 ml air
2 sdm minyak untuk menumis
Bahan Saus
300 ml air
1 siung bawang putih, haluskan
45 gr gula merah, sisir halus
1/4 sdt garam
1 sdm sagu dan 1 sdm air, larutkan untuk pengental
Cara Membuat :
1. Isi : Tumis bawang putih, bawang merah, dan ebi sampai harum. Tanbahkan ayam dan udang. Aduk sampai berubah warna.
2. Sisihkan di tepi wajan. Masukkan telur. Aduk sampai berbulir. Tambahkan rebung dan toge. Aduk sampai layu.
3. Masukkan air, kecap manis, garam, dan merica bubuk. Masak sampai matang dan meresap. Dinginkan.
4. Ambil selembar kulit lumpia. Beri isi. Gulung. Rekatkan dengan larutan tepung. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang dan kering.
5. Saus : rebus air dan bawang putih sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan gula merah dan garam. Aduk sampai larut. Kentalkan dengan larutan tepungs agu. MAsak sampai meletup-letup
6. Sajikan lumpia dengan sausnya.

Dilaporkan oleh Hastuti

www.ghandokkoe.blogsome.com

Enjoy...

Ketan serundeng


Ketan serundeng ini dari mana yah.. gak jelas.. kayaknya sih masakan jawa ya. tapi jawa mana ya? tulis jawa timur ae wis ya, lagian aku juga dari Malang asal'e :-)...oke

Ketan SerundengKetan: (resep ketan diambil dari http://www.agsfood.net/2009/01/ketan-serundeng.html)
300 gr beras ketan, rendam selama 2-3 jam
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan
100 ml air (aku ganti santan karena sekalian udah buka sekaleng santan buat masak serundengnya)
1. Kukus ketan selama 15 menit.
2. Rebus santan bersama daun pandan dan garam.
3. Keluarkan ketan lalu masukkan ke dalam panci rebusan santan. Aduk hingga santan terserap habis.
4. Kukus kembali ketan sampai matang (sekitar 30 menit)
Serundeng:
100 gr kelapa parut kering
50 ml santan
50 ml air
1 sdm bumbu inti kemiri
1 sdm minyak
1-2 cabe merah, potong-potong
2 lembar daun jeruk purut, iris tipis-tipis
garam, gula, dan merica secukupnya
1. Panaskan minyak lalu tumis bumbu sampai harum.
2. Masukkan sisa bahan kecuali garam, gula, dan merica. Aduk sampai rata.
3. Tambahkan garam, gula, dan merica sesuai selera. Masak dengan api sedang sampai kering. Aduk-aduk terus agar kelapa di bagian bawah tidak cepat hangus.

Dilaporkan oleh Jenny Sugiarto
Enjoy...

Rabu, 22 April 2009

Klappertart manado


Pengen ikutan lapor .. klapertart dari manado dengan modifikasi pake keju oles.. dapet resep dari tabloid saji..
Klapertart Keju
Bahan
· 400 ml susu cair
· 100 gr gula pasir (kurleb 7-8 sdm)
· ¼ sdt garam
· 25 gr tepung maizeba ( 1-2 sdm penuh)
· 40 gr tepung terigu (2-3 sdm penuh)
·
20 gr margarine ( 1 sdm penuh)
· 2 butir telor kocok lepas
· ½ sdt rum
· 75 gr keju spread ( 3-4 sdm penuh)
· 150 gr kelapa muda, di keruk lebar
· 25 gr kenari , cincang kasar
Taburan
· 15 gr kismis
· 15 gr kenari potong panjang
·
20 gr keju cheddar parut
· Bubuk kayu manis

Cara Membuat
1. Rebus 300 ml susu cair, gula pasir, dan garam sampai mendidih. Sisihkan
2. Larutkan t.maizena, t.terigu, dan sisa susu cair. Masukkan ke dalam rebusan susu, sambil terus diaduk agar tidak menggumpal dan hangus. Aduk sampai meletup-letup. Angkat
3. Masukkan margarine. Aduk sampai licin. Tambahkan telur. Aduk rata. masukkan rhum, keju oles, kelapa, dan kenari. Aduk rata.
4. Tuang di cup alumunium foil atau pinggan tahan panas. Letakkan cetakan berisi adonan pada Loyang yang sudah di beri air.
5. Oven hingga 20 menit dengan suhu 160 c. tabor kismis , kenari, dan keju parut. Oven lagi 25 menit sampai matang

*.. kemaren aku topingnya aku olesi putih telor yang dikocok sampe kaku... kemudian baru diberi taburan kismis dan kenari.. juga keju...
Dilaporkan oleh lusiana ira
Enjoy...

Sala Lauak dari Pariaman Sumbar


Akhirnya laporan juga niy untuk IFWN

Semalam nyoba bikin Sala Lauak, ini merupakan penganan khas (camilan) dari Pariaman, walopun kampungku sebenarnya Bukit Tinggi, tapi keluargaku suka banget dengan penganan ini. Ciri khas kuliner dari Pariaman salah satunya adalah dominan kunyit, so rata-rata makanannya berwarna kuning. Nah Sala Lauak ini juga didominasi dengan kunyit.

Sala = goreng
lauak= ikan

Jadi sala lauak itu diartikan gorengan ikan

Resepnya dari ibuku, jadi agak dikira-kira aja sedikit he...he... .

Bahan
200 gr tepung beras
Air panas (air termos) 700 ml
4 lembar daun kunyit diiris tipis (kalo aku dicampur dengan daun bawang, biar tambah harum)
200 gr ikan teri ditumbuk kasar
Minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan
1 buah kunyit ukuran sedang
5 siung bawang putih
3 siung bawang merah
garam secukupnya
Setelah bahan dihaluskan, kemudian ditumis sebentar

Cara Membuat
Tepung beras disangrai, setelah itu masukkan air panas sambil terus diaduk
Campur bumbu yang telah ditumis, aduk rata
Masukkan ikan teri yang telah ditumbuk kasar
Terakhir masukkan daun kunyit
Aduk kembali hingga semuanya tercampur rata

Panaskan minyak
Bentuk adonan dengan menggunakan dua buah sendok
goreng hingga matang

Hasilnya banyak lhooo

Rasonyo Lama' Banaa....
Ondee...taraga' jo kampuang


Salam IFWN,
Dilaporkan olehTety
http://small-kitchen.blogspot.com/


Enjoy...

Bubur Manado - Tinotuan


Aku mau ikut laporan nih,
udah lama gak bikin Tinutuan kebetulan ada IFW sekalian aja buat ikutan ngramaiin acara ini.

Ini Resepnya ya

Ingredients:
250gr beras cuci bersih
1 ikat kangkung
1 ikat bayam
1 ikat kecil kemangi
1 ikat daun gedi
250gr labu kuning
1 tongkol jagung sisir
Sedikit daun kunyit
Garam secukupnya
Air untuk bikin bubur
Sambal terasi
5 cabe rawit
2 buah bawang merah
1 buah kecil tomat
1 sdt terasi
Goreng semua bahan lalu uleg sampai lembut
Directions:
CaranyaRebus air hingga mendidih masukan beras masukan jagung masak hingga setengah jadi bubur.Masukan labu kuning dan daun kunyit masak sampai labu lunak aduk2.Masukan sayuran aduk2 sampai sayur empuk tambahkan garam.Aduk2 angkat.
Sajikan dengan sambal terasi boleh dengan apa aja sesuai selera.


Dilaporkan oleh Ari

Enjoy...

Tumis Ikan Kayu dari Aceh

Dear NCCers,
ABG nih, tapi pengen setor untuk IFWN. Setoran kali ini adalah Tumis Ikan Kayu Khas Aceh. Secara pengen banget setor tapi ga ngerti mau setor apa, jadinya ikan kayu oleh-oleh dari Aceh dimasak dan disetorkan ke NCC.

Resep:
Bahan:
300 gram Ikan Kayu, serut dengan serutan dan direndam air panas selama 10 menit.
1 butir kentang, potong korek api.
5 cabai merah dipotong serong.
Bumbu di haluskan:
5 buah cabai merah
5 butir bawang merah
1 ruas jahe
10 asam sunti
Garam secukupnya.
Bumbu diiris:
3 butir bawang merah halus.

Cara memasak:
1. Haluskan bumbu dan campur dengan ikan kayu yang telah direndam.
2. Tumis 3 butir bawang merah iris sampe harum
3. Masukkan ikan kayu yang sudah tercampur dengan bumbu.
4. Masukkan kentang yang diiris korek api dan cabai merah yang dipotong serong. Aduk-aduk sampai harum.
5. Masukkan air untuk mengempukkan ikan kayu.
6. Masak sampai air mongering dan ikan empuk.

Apabila tidak ada ikan kayu, bisa dicoba dengan ikan asap.

Silakan mencoba.

Dilaporkan oleh Yuni
yunideta@indosat.net.id

Enjoy...

Sambel Goreng Petis Udang


Halo semuanya,
salam kenal. saya masih newbie tapi semangat untuk ikut Indonesian food week. Setoran saya adalah sambal goreng petis udang. Terus terang saya tidak tahu apakah ini masakan asli jawa timur. Tapi pastinya makanan ini sering terhidang di meja makan keluarga besar saya yang arek suroboyo semua. Masakan ini rasanya lebih mirip opor tapi karena dicampur dengan petis udang rasanya jadi lebih mantap. Isinya sih biasanya udang, tahu dan telur puyuh. Tapi kalau terlalu berat dan yang alergi seafood, bisa diganti dengan daging yang tidak berlemak dan telur puyuh diganti dengan telur ayam biasa. Resepnya berikut ini.

1/2 kg Udang, kupas kulit bersih
5 kotak tahu putih (kalau suka boleh ditambah)
10 butir telur puyuh (kalau tidak suka tidak usah pakai)

bumbu halus:
5 cabai rawit hijau/merah (kalau suka pedas boleh lebih)
5 siung bawang putih
1 ruas jari jahe
1 ruas jari kunyit
2-3 butir kemiri
garam, gula

bumbu iris:
4 cabai hijau besar
4 cabai merah besar
daun jeruk sobek2
lengkuas di geprak
4-5 butir bawang merah iris halus
petis udang 1 sendok makan

santan

cara membuat:
- tumis bawang merah sampai halus, masukan bumbu halus tumis sampai wangi, masukan petis. - masukan bumbu iris, cabai hijau+merah, daun jeruk, lengkuas
-.kalau sudah harum, masukkan udang, aduk sampai udang setengah matang
- masukkan santan. kalau suka kuah yang sedikit, pakai santan kental kira2 150 cc saja. Kalau takut gemuk (hehe) pakai santan cair.
- kalau sudah mendidih masukan tahu. tahunya dipotong kotak-kotak dadu. sebelum dimasukan kalau tahu mau di goreng setengah matang boleh. Tapi saya sendiri lebih suka dimasukkan mentah karena tahunya lebih lembut dan lebih gurih menyerap bumbu. Plus masukan telur puyuh
- setelah masak, angkat. jangan terlalu lama karena tahu nanti hancur.

Dilaporkan oleh fitri
Enjoy...

Nasi Uduk Betawi


Akhirnya jadi juga ikutan Indonesian Food Week. Malu sebenarnya cuma posting resep nasi uduk. Nggak apa-apa ya Siany, abis bingung mau bikin apa. Aku cuma tulis resep nasi uduknya aja ya. Pelengkapnya khan biasa jadi pasti teman-teman udah pada jago semua.
Nasi uduk ini makanan yang pasti kebanyakan orang tahu dan suka. Di komplek perumahan juga banyak yang jual nasi uduk. Tapi resep nasi uduk yang ini beneran enak, gurih dan wangi deh. Masaknya gampang mungkin yang agak repot nyiapin pelengkapnya aja. Kalo lagi males bikin pelengkapnya dimakan hangat-hangat ama telur dadar rawis plus bawang goreng juga udah enak kok. Cobain deh....
Ini resepnya ya...
Nasi Uduk Betawi

Bahan :
500 gr beras
700 ml santan dari 1/2 kelapa
3 btg serai dimemarkan
2 lembar daun salam
2 1/2 sdt garam
10 butir merica bulat

Cara Membuatnya :
Masak santan bersama serai, daun salam, garam dan merica sampai mendidih.
Masukkan beras, masak terus sampai santan mengering.
Lalu kukus beras sampai matang (kira-kira 30 menitan)
Sajikan bersama pelengkap.

Pelengkapnya : ayam goreng, tempe goreng, semur tahu & kentang, tempe orek, dadar rawis dan bihun goreng dan bawang goreng plus kerupuk. (nggak perlu semuanya tapi kalo lagi rajin ya bikin aja semuanya)
O iya sambelnya enak pake sambal kacang tapi kemarin aku nggak buat soalnya nggak doyan cabe dan yang makan anak2 ku.

Dilaporkan oleh Yumi
http://www.kreasidapoermivanda.blogspot.com/
Enjoy...

Selasa, 21 April 2009

Semur Jengkol Betawi


Laporan buat IFW,Ini dia makanan favoritku kalo liburan tiba. Semur Jengkol Betawi. Gak semua orang suka jengkol, tapi banyak juga yang suka jengkol. Termasuk akyuuu. Jadi hari sabtu kemarin, aku sama mamaku masak semur jengkol. Cuma berani makan jengkol hari Sabtu ato pas libur panjang, supaya kepercayaan diri gak terganggu pas masuk kerja...hehehe.
Ini resepnya,
Semur Jengkol Betawi
1/4 kg Jengkol (pilih yang tua, biar legit)
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt lada
3 siung kemiri
Kecap manis secukupnya
5 lembar daun jambu biji
Garam dan
penyedap rasa secukupnya
Cara membuat:
1. Belah dua jengkol dan rebus bersama daun jambu biji sampai jengkol matang. Daun jambu biji ini berguna untuk meredam sedikit bau jengkol yang memang top banget.
2. Buang air rebusan jengkol, cuci bersih jengkol yang sudah direbus. Kalau mau, bisa juga air rebusan jengkol ini dibuang berkali-kali. Jadi rebus, buang, rebus, buang. Berguna juga untuk meminimize bau jengkol. Keprek sedikit jengkol sehingga sedikit pipih.
3.Haluskan bawang merah, bawang putih, lada dan kemiri
4.Tumis bumbu yang sudah dihaluskan.
5. Masukan jengkol ke dalam tumisan bumbu, tuang 250 ml air, masukan kecap, rebus kembali jengkol sampai airnya mecek2 (alahhh..apa sih ini bahasanya, maksudnya sampai airnya tinggal sedikit). Masukan garam dan penyedap rasa.
6. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.Dijamin makannya 2 piring..(itu sih aku). Tambah mantap kalo disajikan dengan urap sayur.
Dilaporkan oleh Rieska
Enjoy...