Kamis, 02 April 2009

Carang gesing dari Jogja






Berapa banyak orang tertarik melihat pisang yang kulit luarnya mulai berwarna kecoklatan? Mungkin tidak banyak. Bahkan bisa dianggap aneh kalau ada pisang yang kulitnya "mulus" kok lebih memilih pisang berkulit kecoklatan. Mudah-mudahan resep ini mengubah pandangan anda terhadap pisang "kedaluwarsa" ini.
Kemarin, masuk ke sebuah SPM, saya lihat ada pisang Ambon "afkir" yang dijual dengan harga korting 50%. Afkir, karena kulit luarnya sudah berwarna kecoklatan, yang pasti tidak lagi menarik untuk dipajang di atas meja. Saya justru suka membeli pisang Ambon "afkir" begini, yang cukup ideal untuk dibuat Carang Gesing. Karena saya orang Yogya, dan kenal makanan ini di juga di Yogya, asumsi saya ini makanan khas Yogya.
Ada berbagai versi Carang Gesing, kayaknya. Saya sendiri mengenal sebagai makanan untuk dessert, karena manisnya, berbahan baku pisang Ambon. Ada juga yang membuat dengan bahan baku pisang Raja. Tidak masalah sih.
Pisang Ambon yang bagus untuk dijadikan Carang Gesing adalah pisang yang sudah cukup masak. Pisang seperti ini tingkat kemanisan dan teksturnya sudah ideal. Sayangnya, kulit luar pisang dalam tahap seperti ini biasanya sudah kecoklatan. Tidak masalah, karena yang diperlukan adalah rasa dan tekstur pisangnya. Bukan tampilan luarnya.
Bahan-bahan yang saya gunakan untuk "proyek" kali ini adalah:
-500 gr pisang Abon masak (maksudnya sudah manis sekali)
-200 cc santan siap pakai
-100 cc air (untuk menambah cairan)
-75 gr gula pasir
-1 butir telur ayam
- daun pandan secukupnya (jangan diganti pasta pandan ya)
Cara membuat:
1. gunakan wadah pyrex atau keramik
2. Campurkan santan, air, gula pasit, aduk rata.
3. Masukkan telur, aduk sebentar agar pecah kuningnya, tidak usah terlalu rata
4. Masukkan daun pandan yang sudah dipotong-potong
5. Potong tipis-tipis (setebal maksimum 5mm) pisang Ambon, usahakan potongan pisang agar tenggelam dalam cairan
6. Masak di mikrowave 4 menit, plus 4 menit.
Angkat dan tunggu agak dingin, bisa dinikmati hangat atau dimasukkan kulkas terlebih dahulu. Note: Jika tidak ada mikrowave, bisa dikukus, dalam wadah anti panas, atau dibungkus daun pisang. Jika suka, gula pasir bisa diganti gula palem. Juga bisa diberi kayu manis bubuk sebelum dinikmati.

Penampakan setelah mateng..hmmm...

Dilaporkan oleh Wisnu Martono

Enjoy...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar